Menjelang Minggu Palma Ikatan Perangkai Bunga Indonesia Menghias 14 Gereja
Sumber: sindonews.com

News / 1 April 2023

Kalangan Sendiri

Menjelang Minggu Palma Ikatan Perangkai Bunga Indonesia Menghias 14 Gereja

Bella Tiurma Official Writer
1252

Perayaan Minggu Palma merupakan hari dimana umat Kristiani mengenang Yesus ketika memasuki kota Yerusalem yang disambut dengan nyanyian dan lambaian daun palma. Dalam rangka menyambut minggu palma, gereja-gereja akan banyak dihiasi dengan ornamen daun palma. Begitu pula pada saat minggu palma tiba, para jemaat akan menggenggam sehelai daun palma.

Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI) menjadi salah satu kontributor dalam mendekorasi gereja dengan menggunakan daun palma dan anyaman janur. IPBI juga berkolaborasi dengan desainer floral dan perangkai janur dari Jakarta, Bali, Yogyakarta, dan Jawa Tengah.

Baca Juga : Peringati Minggu Palma, Begini Awal Dimulainya Pekan Suci di Yerusalem Menyambut Paskah

Mereka mendekorasi 14 altar dan ambo   atau dua meja kembar pada gereja-gereja Katolik maupun gereja Protestan yang berada di Jakarta dan Tangerang. Rangkaian acara ini berlangsung di showroom Abbasource X Taiping Indonesia, Menteng, Jakarta, yang dimulai pada Kamis (30/3/2023).

Pada kegiatan ini diikuti oleh lebih dari seratus perangkai bunga dan perangkai bunga gereja, serta 25 pengrajin janur. Para pengrajin janur memulai merangkai janur dan palma nonstop hingga 31 Maret 2023. Dan pada 1 April 2023, rangkaian palma dan janur ini dikirimkan ke 14 gereja.

Sebanyak 14 gereja yang mendapat kiriman rangkaian dari IPBI adalah, St. Maria Regina, St. Barnabas, Gereja Kristen Citra 1, Kapel Kedutaan Besar Vatikan, Maria Bunda Karmel, Regina Celi, St. Yakobus, St. Lukas, St. Maria Immaculata, St. Thomas Rasul, St. Gabriel, Samadi, Katedral, dan Stefanus.

“Acara ini merupakan bakti IPBI kepada gereja dan tidak dipungut biaya. Tujuan kami mengangkat budaya bangsa Indonesia sebagai bentuk toleransi umat beragama. Meski acaranya memperingati Minggu Palma, namun para perangkai berasal dari lintas agama,” ungkap Ketua IPBI, Lucia Raras Purwaningrum.

Menurut Raras, acara ini dapat berlangsung berkat bantuan dan donasi dari banyak pihak. IPBI juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang memberikan dukungan mulai dari gereja, tokoh agama, perusahaan, mitra, dan seluruh anggota tim IPBI.

Sumber : Sindonews.com
Halaman :
1

Ikuti Kami