Bangunan Gereja Gothik Sayidan, Apakah Bisa Digunakan untuk Ibadah?
Sumber: Google

News / 28 March 2023

Kalangan Sendiri

Bangunan Gereja Gothik Sayidan, Apakah Bisa Digunakan untuk Ibadah?

Aprita L Ekanaru Official Writer
1342

Daerah Istimewa Yogyakarta terkenal dengan banyaknya pilihan pariwisata, sehingga tak heran jika Jogja selalu menjadi destinasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Salah satu tempat yang banyak menarik perhatian wisatawan adalah gereja gothik Sayidan. Gereja ini berlokasi disebuah gang di Kecamatan Gondomanan. Meskipun bernama gereja, tetapi bangunan tersebut bukanlah gereja sungguhan. Bangunan tersebut merupakan rumah hunian yang didirikan oleh Esther Widyo Wanandyo, istri dari R. Petrus Haryono (Thientikhien), seorang perajin batik yang memiliki relasi dengan Keraton Yogyakarta. 

Bangunan gereja gothik ini memiliki arsitektur klasik bergaya Eropa. Dibangun tahun 1979 dengan bentuk rumah hunian biasa, kemudian direnovasi oleh anak bungsu Thientikhien setelah menyelesaikan gelar spesialis kesehatan di Belanda pada tahun 1986 menjadi bentuk yang saat ini. Namun setelah Thientikhien dan istrinya meninggal dunia, kini bangunan menyerupai gereja ini terbengkalai tanpa penghuni.

Berikut adalah beberapa daya tarik Gereja Gothic Sayidan yang menarik para wisatawan yang berlibur ke Jogja:

1. Lokasi Shooting 

Model bangunan yang ikonik seperti arsitektur Eropa kuno membuat bangunan ini pernah digunakan sebagai lokasi pengambilan gambar oleh artis papan atas. Salah satu artis yang pernah melakukan pengambilan gambar di sekitar bangunan ini adalah Ari Lasso, untuk salah satu video klipnya.

2. Arsitektur Bangunan yang Unik

Arsitektur dari Gereja Gothic Sayidan memang sangat unik dan tidak biasa. Modelnya menyerupai gereja-gereja klasik di Eropa abad pertengahan, membuatnya sangat menarik untuk dikunjungi.

3. Menyerupai Gereja

Pada awalnya, bangunan ini disangka sebagai peninggalan gereja masa lalu. Namun, siapa sangka kalau bangunan ini sebenarnya hanya rumah biasa. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya tanda salib yang dipasang pada bagian depan rumah. Terdapat juga patung Yesus berukuran cukup besar yang dipasang di bagian atap bangunan.

4. Bekas Pabrik Batik

Baru diketahui bahwa bangunan ini sebenarnya pernah digunakan sebagai pabrik batik pada tahun 70-an. Dulunya, bangunan ini digunakan untuk memproduksi batik yang berkualitas tinggi. Kabarnya, banyak tokoh dunia yang menggunakan batik hasil produksi dari tempat ini.

Gereja Sayidan adalah simbol ikonik yang terletak di pusat kota Yogyakarta yang sayang untuk dilewatkan. Anda bisa berfoto di sana dan merasakan sensasi berada di Eropa dengan latar belakang bangunan ini. Selain itu, biayanya gratis sehingga Anda dapat menikmati momen berfoto tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Tidak heran jika bangunan ini menjadi salah satu spot foto terbaik yang tersedia di Jogja.

Sumber : Kartanesia.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami