Berikut 5 Cara Brilian Mengelola Keuangan dengan Baik dan Mudah!
Sumber: bisnisukm.com

Finance / 10 March 2023

Kalangan Sendiri

Berikut 5 Cara Brilian Mengelola Keuangan dengan Baik dan Mudah!

Bella Tiurma Official Writer
800

Generasi muda saat ini berlomba-lomba untuk lebih cepat sustain secara keuangan.  Tentunya ini adalah pemikiran yang baik. Karena itu diperlukan berbagai keterampilan agar tujuan hidup mandiri bisa terealisasi. 

Setiap orang pasti memiliki cara yang berbeda-beda untuk mengelola keuangan. Namun pengelolaan itu dapat disesuaikan dengan kepribadian, kebutuhan, dan gaya hidup setiap orang. Untuk menemukan cara pengelolaan keuangan yang sesuai dengan diri sendiri, kita perlu belajar sejak dini. Karena hal ini tidak akan mudah, perlu waktu yang cukup panjang serta usaha yang besar, sehingga dapat merasakan dampak positif dari kondisi keuangan yang mandiri. 

 

Baca Juga: 10 Ayat Alkitab Ini Berbicara Tentang Cara Mengelola Keuangan

 

Berikut 5 cara briliant yang bisa dilakukan generasi muda untuk mencapai keuangan yang baik dan mudah. 

1. Menyiapkan Anggaran 

Tahap pertama untuk mengelola keuangan dengan menyiapkan anggaran keuangan untuk setiap kebutuhan. Anggaran ini diperlukan untuk sebuah acuan dalam segala perhitungan ketika kita akan mengeluarkan dana. Hal-hal yang harus dianggarkan mulai dari pemasukan, pengeluaran, kebutuhan investasi dan layanan kesehatan. 

Dengan melatih pembuatan anggaran ini, akan membentuk pola pikir untuk menentukan segala macam aspek yang diperlukan dan dibutuhkan, serta dapat memperkirakan biaya yang akan dikeluarkan dalam satu bulan. Hal ini juga bertujuan untuk membuat kita menjadi disiplin dalam menentukan prioritas dalam mengelola keuangan untuk mendapatkan hasil yang seimbang atau mendapatkan keuntungan. 

 

2. Menabung 

Cara ini merupakan salah satu cara yang sering digunakan oleh kebanyakan kaum muda saat ini, karena terbukti ampuh dan mendapatkan pengelolaan keuangan yang baik. Hal ini sangat dimanfaatkan bagi setiap orang yang memiliki perencanaan di masa depan. Dengan menabung secara tidak langsung melatih diri untuk menyisihkan sebagian dari uang yang dimiliki untuk kebutuhan di masa depan. Namun yang perlu diingat jika ingin memakai cara menabung ini adalah adanya tekad dalam diri untuk konsisten melakukannya. 

Untuk memperlancar proses menabung,  gaya hidup yang dijalani tentu akan berubah secara perlahan. Pasalnya, dengan perubahan gaya hidup ini dapat mengurangi atau menghindari pengeluaran secara berlebihan. 

 

Baca Juga: 5 Tips Jalani Frugal Living Kayak Mark Zuckerberg Hingga Warren Buffet

 

3. Menyusun Skala Prioritas 

Dalam penyusunan anggaran, salah satu cara untuk memudahkan memisahkan kebutuhan dan keinginan adalah menentukan skala prioritas. Namun harus diperhatikan untuk menyusun skala prioritas dengan menentukan jangkauan waktu, seperti membagi prioritas yang diperlukan dalam keseharian, perbulan, pertahun, hingga masa yang lebih panjang lagi. Dengan mempersiapkan anggaran jangka panjang, akan memiliki kesempatan yang lebih besar dalam memiliki rasa aman dan mandiri secara keuangan di masa depan. 

 

4. Hindari Memiliki Hutang 

Ketika menginginkan sesuatu hal yang sebelumnya tidak terdapat dalam list anggaran yang dimiliki, biasanya pembelian itu dilakukan secara instan dengan menggunakan kartu kredit atau paylater. Hal ini sama saja kita berhutang untuk mendapatkan barang tersebut. Jika kita ingin memiliki kondisi keuangan yang baik, upayakan untuk menghindari pembayaran dengan berhutang. Pasalnya, dengan berhutang kita kita harus menyisihkan sebagian uang untuk melakukan pembayaran hutang tersebut setiap bulannya. 

Untuk mendapatkan pengelolaan keuangan yang baik, selesaikan segala bentuk hutang yang dimiliki. Hal ini bisa jadi langkah awal untuk memperbaiki pengelolaan keuangan yang baik dan kuat di masa depan.  

 

Baca Juga: Menerapkan Frugal Living, Mulai Darimana Dulu?

 

5. Mulai Berinvestasi 

Pengalokasian dana dengan cara berinvestasi juga memiliki peran penting dalam mengelola keuangan mandiri di masa depan. Investasi juga bisa membawa keuntungan sehingga memperkuat kondisi keuangan di masa depan. 

Dengan mempelajari setiap cara dalam mengelola keuangan, kita dapat menghindari masalah keuangan dan mencapai kondisi keuangan yang mandiri. Dengan kedisiplinan yang kuat dan teratur dapat membantu kita mencapai tujuan keuangan dengan mudah di masa depan. 

Halaman :
1

Ikuti Kami