Peringati Hari Musik Nasional, Ternyata Ini 5 Fakta Mengejutkan Tentang Musik dalam Alkitab
Sumber: pexels.com

Kata Alkitab / 9 March 2023

Kalangan Sendiri

Peringati Hari Musik Nasional, Ternyata Ini 5 Fakta Mengejutkan Tentang Musik dalam Alkitab

Wisnu Prianggani Contributor
1411

Bersamaan dengan hari musik nasional kita harus tahu fakta bahwa musik telah ada sejak zaman dahulu dan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Tidak hanya sebagai sarana hiburan dan kegiatan sosial, tetapi juga dalam konteks spiritual dan keagamaan. Meski hari ini adalah hari musik nasional, namun tentu saja musik adalah bahasa universal yang dapat merangkul banyak orang dari berbagai latar belakang dan status apapun. Tidak hanya itu, musik juga memiliki peran penting dalam kehidupan rohani, termasuk dalam Alkitab.

Ada banyak ayat dalam Alkitab yang menekankan pentingnya musik dalam kehidupan rohani. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa fakta menarik tentang musik dalam Alkitab. Di dalam Alkitab, musik pertama kali disebutkan dalam Kitab Kejadian, ketika Yubal, keturunan dari Kain, dianggap sebagai "bapa semua orang yang memainkan kecapi dan suling" (Kejadian 4:21). Musik kemudian juga disebutkan dalam Kitab Mazmur, salah satu kitab dalam Alkitab yang secara khusus membahas tentang pujian dan penyembahan.

Ingin tahu lebih jelas lagi, simak lima fakta berikut mengenai musik di dalam Alkitab.

1. Musik sebagai Sarana Pujian dan Syukur

Perlu diketahui bahwa salah satu peran utama musik di dalam Alkitab adalah sebagai sarana pujian dan syukur kepada Tuhan. Fakta yang tertuli di dalam Mazmur 150:6 adalah “Biarlah segala yang bernafas memuji TUHAN! Haleluya! Biarlah segala yang bernapas memuji TUHAN!”

Ayat ini jelas menunjukkan kepada kita bahwa semua yang hidup harus memuji dan menyembah Tuhan. Dan musik adalah sarana yang baik untuk melakukan pujian dan penyembahan untuk Tuhan. Selain itu di dalam Mazmur 98:4-6 juga tertulis “Bersorak-soraklah bagi TUHAN, hai seluruh bumi, bergembiralah, bersorak-sorailah dan bermazmurlah!” Ayat ini menunjukkan bahwa Tuhan senang mendengar umat-Nyayang menyanyikan nyanyian pujian dan syukur. Mari kita pergunakan talentan bermusik yang kita miliki untuk bersorak bagi Tuhan dan memuliakan nama-Nya.

 

Baca Juga: 5 Fakta Mengejutkan tentang Musik dalam Alkitab yang Kamu Harus Tahu di Hari Musik Nasional!

 

2. Musik sebagai Sarana Perayaan

Selain sebagai saran pujian dan syukur, musik juga digunakan sebagai sarana perayaan dalam Alkitab. Dalam 1 Tawarikh 15:16, tertulis “Daud memerintahkan para kepala orang Lewi itu, supaya mereka menyuruh berdiri saudara-saudara sepuak mereka, yakni para penyanyi, dengan membawa alat-alat musik seperti gambus, kecapi dan ceracap, untuk memperdengarkan dengan nyaring lagu-lagu gembira.” Ayat ini menunjukkan bahwa pada saat perayaan, musik merupakan hal yang penting untuk mengiringi kegembiraan dan kebahagiaan.

 

3. Musik sebagai Sarana Ibadah

Musik digunakan sebagai sarana ibadah bukan sembarang dilakukan. Ada bukti di dalam Alkitab yang menunjukkan bahwa umat Kristen harus menyanyikan nyanyian rohani yang ditujukan untuk Tuhan sebagai bagian dari ibadah mereka. Dalam Efesus 5:19, tertulis “dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati.”

Selain itu ayat yang menjadi dasar musik sebagai sarana ibadah adalah Yakobus 5:13, yaitu “Kalau ada seorang di antara kamu yang menderita, baiklah ia berdoa! Kalau ada seorang yang bergembira baiklah ia menyanyi!” Ayat ini menunjukkan bahwa ketika kita dalam keadaan sedih atau senang, kita dapat menggunakan musik sebagai sarana ibadah untuk mendekatkan diri kita kepada Tuhan.

 

4. Musik sebagai Sarana Penghiburan

Musik juga dapat menjadi sarana penghiburan dalam kehidupan rohani. Dalam 2 Tawarikh 5:13, tertulis “Lalu para peniup nafiri dan para penyanyi itu serentak memperdengarkan paduan suaranya untuk menyanyikan puji-pujian dan syukur kepada TUHAN. Mereka menyaringkan suara dengan nafiri, ceracap dan alat-alat musik sambil memuji TUHAN dengan ucapan: "Sebab Ia baik!” Ayat ini jelas menunjukkan bahwa musik dapat membawa kedamaian dan penghiburan kepada setiap kita yang sedang menghadapi situasi sulit.

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab : Mengenal Berbagai Alat Musik Dalam Alkitab, Yang Ini Favoritnya Daud Loh

 

5. Musik sebagai Sarana Pengajaran

Musik juga dapat digunakan sebagai sarana pengajaran dalam Alkitab. Kolose 3:16, tertulis “Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.” Sudah jelas dari ayat ini bahwa musik dapat digunakan sebagai dasar untuk memperdalam pemahaman kita akan Firman Tuhan

Demikian dalam memperingati hari musik nasional ini kita juga dapat lebih memahami peranan musik yang ada di dalam Alkitab. Musik benar-benar memainkan peran yang sangat penting di dalam kehidupan rohani. Seperti yang sudah dibahas di atas kita tahu bahwa musik dapat digunakan sebagai sarana pujian dan syukur, perayaan, ibadah, penghiburan, pengajaran, dan pelepasan rohani.

Oleh karena itu, mari kita sebagai umat Kristen dapat memperlakukan musik sebagai sesuatu yang penting dan mempergunakan musik dengan bijak dan sesuai dengan kehendak Tuhan. Apalagi jika kita memiliki talenta dalam bermusik. Gunakan talenta kita dengan baik untuk menjadi berkat bagi orang lain dan menjadi perpanjangan Allah di dunia ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dalam memperdalam pemahaman kita akan pentingnya musik dalam kehidupan rohani kita.

Halaman :
1

Ikuti Kami