Apa Sih Bedanya Persembahan dan Persepuluhan?
Sumber: Pexels

Kata Alkitab / 3 March 2023

Kalangan Sendiri

Apa Sih Bedanya Persembahan dan Persepuluhan?

Wisnu Prianggani Contributor
7298

Persembahan dan persepuluhan adalah konsep yang penting dalam agama Kristen. Konsep ini terkait dengan memberikan sesuatu kepada Tuhan sebagai wujud penghormatan, syukur, dan pengakuan atas berkat dan rahmat yang diterima dari-Nya. Walaupun terdengar mirip, persembahan dan persepuluhan punya perbedaan yang jelas yang perlu diketahui oleh orang Kristen.

1. Persembahan

Persembahan merupakan konsep memberikan sesuatu kepada Tuhan sebagai wujud penghormatan, syukur, dan pengakuan atas berkat dan rahmat yang diterima dari-Nya. Dalam konteks Kristen, persembahan dapat berupa uang, waktu, bakat, atau pelayanan. Konsep persembahan ini didasarkan pada Alkitab, khususnya dalam Kitab 2 Korintus 9:6-7 yang menyatakan, “Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga , dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga. Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita."

Persembahan bukanlah sekadar kewajiban untuk diberikan kepada Tuhan, tetapi juga merupakan suatu bentuk penghormatan dan ketaatan kepada-Nya. Dengan memberikan persembahan, orang Kristen menunjukkan bahwa mereka bersedia menyerahkan segala sesuatu kepada Tuhan dan mempercayakan hidup mereka kepada-Nya.

 

2. Persepuluhan

Persepuluhan, secara harfiah berarti memberikan sepersepuluh dari pendapatan sebagai persembahan kepada Tuhan. Konsep persepuluhan didasarkan pada Alkitab, khususnya dalam Kitab Maleakhi 3:10 yang menyatakan, “Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.”

Persepuluhan dianggap sebagai kewajiban bagi orang Kristen sekaligus sebagai cara untuk menunjukkan kepercayaan dan ketaatan kita. Dengan memberikan sepersepuluh dari penghasilan yang kita dapatkan, orang Kristen menunjukkan bahwa mereka mempercayai Tuhan sebagai sumber kehidupan dan memberkati hidup mereka. Selain itu, persepuluhan juga dianggap sebagai cara untuk membiayai gereja dan pelayanan gereja.

Jadi apa perbedaan persembahan dan persepuluhan? Dua-duanya menggambarkan sikap ketaatan dan rasa tanggung jawab orang Kristen kepada Tuhan. Walau begitu, keduanya punay perbedaan yang jelas. Dimana persembahan dapat berupa apa saja yang bisa diberikan kepada Tuhan, sementara persepuluhan itu mengacu pada memberikan sepersepuluh dari pendapatan kita. Selain itu keduanya dianggap penting dalam Kristen dan harus dilakukan tanpa jemu-jemu. Dalam Kitab Galatia 6:9-10, dikatakan bahwa “Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah. Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman.”

Oleh karena itu, sekali lagi sebagai pengingat bagi orang Kristen, kita harus memahami perbedaan antara persembahan dan persepuluhan dan melakukan keduanya dengan sukacita dan sukarela sebagai bentuk ketaatan dan tanggung jawab kepada Tuhan.

Halaman :
1

Ikuti Kami