5 Prinsip Ini Perlu Dipertimbangkan Saat Memberikan Donasi
Sumber: Pexels

Finance / 23 February 2023

Kalangan Sendiri

5 Prinsip Ini Perlu Dipertimbangkan Saat Memberikan Donasi

Wisnu Prianggani Contributor
1592

Dalam banyaknya pilihan untuk memberikan donasi, bagaimana cara seorang Kristen membuat keputusan yang bijak tentang kepada siapa harus memberikan donasi? Apa yang harus dipertimbangkan agar uang yang diinvestasikan memiliki dampak baik yang benar? Banyak orang mengalami kesulitan dengan pertanyaan-pertanyaan ini. Untuk menjawabnya, Anda bisa menyimak 5 prinsip yang sangat Anda memutuskan berdonasi di tempat yang tepat.

Prinsip pertama adalah doktrin yang benar. Doktrin yang benar mengajarkan bahwa pengajaran harus sejalan dengan ajaran Alkitab. Hal ini berkaitan dengan apakah misi/organisasi/amal mewartakan Injil Yesus Kristus dan mempertahankan otoritas Firman Tuhan. Setiap hal yang dilakukan oleh sebuah organisasi amal harus bertujuan untuk memenuhi amanat agung, yaitu memberitakan Injil dan membekali orang percaya untuk menjadi pengikut Yesus Kristus yang sepenuhnya.

 

Baca Juga: Gak Tahu Kasih Kemana? 6 Cara Tepat Supaya Donasimu Tepat Sasaran

 

Prinsip kedua adalah efektivitas. Sebuah organisasi amal harus benar-benar mencapai misi dan tujuan yang jelas. Organisasi yang tepat juga harus menunjukkan keahlian yang efektif dalam menyelesaikan permasalahan di tengah kondisi saat ini dan membuat perbedaan dalam kehidupan orang yang membutuhkan.

Prinsip ketiga adalah tata kelola keuangan. Apakah yayasan menggunakan uangnya dengan bijaksana? Seperti dalam perumpamaan mengenai talenta, organisasi tidak mengubur hartanya melainkan menjadikannya bekerja dalam Tuhan. Prioritas keuangan organisasi harus sesuai dengan prioritas yang dinyatakan dalam Firman Tuhan.

Prinsip keempat adalah akuntabilitas. Apakah organisasi tersebut terbuka dan jujur tentang keuangannya dan keputusannya? Organisasi harus terbuka terhadap saran atau kritik yang membangun dan bersedia untuk mengungkapkan seluruh informasi keuangan jika diperlukan sebagai bentuk tanggugjawab akan keberhasilan misi organisasi.

 

Baca Juga: Kebanyakan 8 Alasan Utama Ini yang Bikin Banyak Orang Tergerak Berdonasi Untuk Gerejamu

 

Prinsip kelima adalah doa. Orang yang memberikan donasi dan organisasi pengelola donasi harus meminta kebijaksanaan Tuhan dalam hal bagaimana Dia ingin kita menginvestasikan donasi yang diterima dalam pelayanan. Kita harus meminta Tuhan untuk membuka pintu-pintu kesempatan bagi kita sehingga donasi yang dilakukan memiliki dampak yang benar.

Meskipun ada beberapa prinsip dasar yang harus kita perhatikan dalam memilih organisasi untuk disumbangkan, namun pada akhirnya, tidak ada aturan pasti yang menetapkan organisasi mana yang harus kita pilih. Kita harus menggunakan akal sehat, memilih dengan bijaksana, dan mengikuti panggilan Tuhan dalam hidup kita. Bagi seorang Kristen, pemberian donasi seharusnya menjadi bagian dari kehidupan pelayanan yang holistik dan konsisten. Kita harus selalu siap untuk membantu sesama, baik dalam hal material maupun spiritual, dan mengorbankan apa yang kita miliki untuk memenuhi kebutuhan orang lain.

 

Baca Juga: Berdonasi Untuk Bantu Orang Lain, Apa Sih Yang Alkitab Sampaikan Soal Tindakan Ini?

 

Mungkin saat-saat ini Anda rindu untuk ambil bagian dalam sebuah pelayanan. Tapi Tuhan tampaknya masih belum membuka jalan pelayanan mana yang tepat untuk Anda dukung. Hari ini, bukan secara kebetulan jika Anda menemukan artikel ini. Anda mungkin bisa belajar tentang pelayanan kami, CBN Indonesia. Cari tahu semua lingkup pelayanan kami melalui link di bawah ini.

 

PELAYANAN CBN INDONESIA 

Halaman :
1

Ikuti Kami