Memiliki Karakter Kristus Dengan Konsisten Melakukan Hal-hal Baik
Kalangan Sendiri

Memiliki Karakter Kristus Dengan Konsisten Melakukan Hal-hal Baik

Hilda Tri Lestari Contributor
      531

Kolose 11: 28-29

Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus. Itulah yang kuusahakan dan kupergumulkan dengan segala tenaga sesuai dengan kuasa-Nya, yang bekerja dengan kuat di dalam aku.

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 26; Matius 26; Keluaran 1-2

Setiap manusia yang pernah melakukan kesalahan kadang pernah berjanji pada dirinya sendiri bahwa ia akan menjadi pribadi yang lebih baik dan tidak melakukan kesalahan yang sama lagi. Tetapi seringkali kita melihat mereka tetap melakukan kesalahan yang sama. Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena mereka tidak kuat dalam komitmen mereka. Mereka memakai kekuatan mereka sendiri dan tidak meminta kekuatan dari Tuhan.

Tuhan memerintahkan manusia untuk mengusahakan segala sesuatu seperti yang dituliskan dalam kitab Kejadian 4:12 “Apabila engkau mengusahakan tanah itu, maka tanah itu tidak akan memberikan hasil sepenuhnya lagi kepadamu; engkau menjadi seorang pelarian dan pengembara di bumi."

Dalam setiap kehidupan kita, Tuhan mau kita mengusahakan hal-hal yang baik.

Bukan sekedar berkomitmen, tetapi berusaha untuk konsisten dalam melakukan hal yang baik. Ketika kita konsisten melakukan perbuatan baik, maka kebiasaan itu akan menjadi karakter dalam kehidupan kita. Contohnya, ketika seseorang yang cepat marah ingin berkomitmen untuk menjadi pribadi yang tenang dan sabar, tentunya ia tidak akan memiliki karakter baru tersebut dalam semalam.

Ia akan mengalami proses dan menghadapi masa-masa dimana ia merasa sulit untuk tidak marah dan tidak sabaran lagi. Tetapi ia tidak menyerah. Ia mau berusaha lagi hingga konsisten atas komitmennya sampai sifat sabar dan tenang menjadi bagian dalam kehidupannya.

Saudara-saudara mari kita berusaha agar karakter-karakter Kristus menjadi bagian hidup kita. Memang tidak mudah, tetapi kita harus konsisten dan meminta Roh Kudus menyertai setiap langkah kita.

Percayalah, hal yang tidak mungkin bagi kita atau orang lain, bisa menjadi mungkin jika kita berjalan dengan Tuhan. Kerjakan apa yang menjadi bagian kita, maka selanjutnya Tuhan yang akan melakukan bagian-Nya dengan begitu sempurna atas kehidupan kita.

Tuhan Yesus memberkati.

Ikuti Kami