10 Ayat Alkitab yang Bisa Jadi Doa Untuk Keluarga di Perayaan Imlek Ini
Sumber: iStock

Kata Alkitab / 20 January 2023

Kalangan Sendiri

10 Ayat Alkitab yang Bisa Jadi Doa Untuk Keluarga di Perayaan Imlek Ini

Lori Official Writer
4829

Bagi keluarga Tionghoa, Tahun Baru Imlek adalah momen kumpul keluarga yang paling bermakna. Karena di hari ini, keluarga Tionghoa mengkhususkan waktu untuk bersyukur atas semua hal yang sudah diberikan oleh Tuhan sepanjang satu tahun belakangan. Sekaligus juga menaruh harapan yang baru untuk satu tahun berikutnya.

Pastinya ini bisa jadi momen bagi semua keluarga untuk lebih dekat satu sama lain. Nah, buat orang Kristen nih mungkin bisa memakai momen ini sebagai bentuk ucapan syukur atas keluarga yang sudah dipercayakan. 

Buat Anda yang terpikir untuk memberkati keluarga dengan doa dan harapan baru, bisa bagikan 10 ayat ini yuk.

1. Perlindungan

“TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai..” Zefanya 3: 17

Doa: Terima kasih Tuhan karena Engkau selalu memperhatikan kami. Betapa dahsyatnya Engkau karena telah memberikan kami sukacita yang melimpah hari ini. Engkau adalah Allah penyelamat dan kami aman di dalamMu.

 

Baca Juga: 24 Ayat Alkitab ini Mengajarkan Kita Untuk Tetap Berharap Dalam Masa Sulit

 

2. Damai

“TUHAN, Allah kita, memerintahkan kepada kita untuk melakukan segala ketetapan itu dan untuk takut akan TUHAN, Allah kita, supaya senantiasa baik keadaan kita dan supaya Ia membiarkan kita hidup, seperti sekarang ini. Dan kita akan menjadi benar, apabila kita melakukan segenap perintah itu dengan setia di hadapan TUHAN, Allah kita, seperti yang diperintahkan-Nya kepada kita.” (Ulangan 6: 24-26)

Doa: Kami bersyukur Tuhan karena Engkau adalah Allah sumber damai. Kami bersyukur karena bahkan ketika dunia ini kacau kami tetap bisa tenang di dalam Engkau. Tidak ada yang bisa memisahkan kami dari Engkau. 

Kami memujiMu atas segala perlindungan dan penyertaanMu. Saat kami masuk ke dalam hadiratMu dan memfokuskan hati dan pikiran kami di dalam Engkau, Engkau menyediakan kami damai sejahtera. Kami percaya penuh di dalam Engkau, karena Engkau yang akan memimpin kami, melindungi kami dan melayakkan kami. Amin

 

3. Hidup Dalam Kasih

“Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.” (Efesus 4: 32)

Doa: Bapa yang baik kami bersyukur untuk kasihMu yang kekal. Kami bersyukur karena kasihMu telah memampukan kami untuk mengasihi orang lain. Kami berdoa supaya Engkau menolong kami saling mengasihi satu sama lain sebagai satu keluarga di dalam Kristus. Saling menunjukkan kasih, pengampunan dan pengertian. Bantu kami untuk membagikan kasihMu yang besar di tengah keluarga kami. 

Sebagai sebuah keluarga, mampukan juga kami untuk menaruh belas kasihan terhadap setiap irang dengan takaran yang sama. Tunjukkan kami sisi di dalam hati kami yang perlu kami perbaiki, sehingga kami selalu hidup rukun di dalam Engkau sepanjang tahun ke depan.

 

Baca Juga: Kamu Wajib Tahu 10 Ayat Alkitab yang Bicara Soal Janji Allah Bagi Orang Percaya

 

4. Kerukunan

“Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian. Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.” (Kolose 3: 13-14)

Doa: Bapa kami berharap supaya keluarga ini hidup dalam kerukunan dan kesatuan. Biarkan kami hidup di dalam kasihMu supaya kami juga bisa hidup bersama di dalam yang sempurna. Ajari kami untuk saling menjaga anggota keluarga kami dan saling mengampuni ketika kami berbuat salah.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

5. Hikmat

“Janganlah meninggalkan hikmat itu, maka engkau akan dipeliharanya, kasihilah dia, maka engkau akan dijaganya. Permulaan hikmat ialah: perolehlah hikmat dan dengan segala yang kauperoleh perolehlah pengertian.” (Amsal 4: 6-7)

Doa: Tuhan, terima kasih atas apa yang sudah Engkau berikan sepanjang satu tahun belakangan. Di momen ini kami juga ingin meminta hikmat dari Engkau supaya kami sebagai keluarga bisa menjalani satu tahun ke depan dengan penuh hikmat. Terima kasih Tuhan. Amin.

 

6. Berkat Keturunan

“Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."” (Kejadian 1: 28)

Doa: Tuhan, kami percaya bahwa ketika Engkau menjadikan kami satu keluarga di dalam Engkau, Engkau mengharapkan kami beranak cucu dan memenuhi bumi. Biarkan kehendakMu terjadi atas keluarga ini dan kami bisa melihat anak cucu kami kelak bertambah banyak dan hidup memuliakan namaMu. Kami serahkan hidup kami dalam satu tahun ke depan di dalam tanganMu. Amin

 

Baca Juga: 15 Ayat Alkitab yang Jadi Alasan Kenapa Kita Harus Mengampuni Orang Lain

 

7. Saling Menghormati

“Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.” (Efesus 4: 29)

Doa: Tuhan, sebagai satu keluarga kami mungkin melakukan kesalahan karena terpancing untuk saling melukai atau menyakiti melalui perkataan kami. Hari ini, kamu meminta ampun atas semua ucapan kotor dan melukai itu. Kami mau belajar untuk saling menghormati sebagai satu keluarga yang hidup di dalam Engkau. Ingatkan kami untuk menguduskan lidah perkataan kami dan hanya mengeluarkan kata-kata yang membangun satu sama lain. Di dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

 

8. Tetap Taat

“Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.” (Ibrani 12: 11)

Doa: Terima kasih Tuhan atas pengalaman-pengalaman yang kurang menyenangkan yang bisa kami lalui sepanjang tahun kemarin. Kami tahu bahwa Engkau baik atas segala perbuatanMu. Dengan semua hal yang kami lalui kami malah belajar untuk hidup di dalam kebenaranMu saja. Bantu kami untuk menghidupi firmanMu atas keluarga kami. Kami siap untuk diajar supaya kami terus bertumbuh di dalam Engkau. Amin

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

9. Pembelaan Tuhan

“Tetapi kasih setia TUHAN dari selama-lamanya sampai selama-lamanya atas orang-orang yang takut akan Dia, dan keadilan-Nya bagi anak cucu…” (Mazmur 103: 17)

Doa: Tuhan terima kasih telah memilih keluarga kami sebagai berkat bagi orang lain. Kami mau memperkatakan bahwa kasih setiaMu akan tinggal tetap untuk selama-lamanya atas rumah tangga kami serta anak cucu kami. Biarkan kami tetap hidup setia di dalam Engkau saja. Amin

 

Baca Juga: 24 Janji Tuhan di Alkitab Dalam Perjanjian Baru

 

10. Bijaksana

“Siapa yang mengacaukan rumah tangganya akan menangkap angin; orang bodoh akan menjadi budak orang bijak.” (Amsal 11: 29)

Doa: Kami bersyukur atas kebijaksanaan yang Engkau berikan sepanjang tahun yang lalu. Kami berdoa supaya damai sejahtera dan sukacita selalu ada atas kami. Kami mau serahkan keluarga kami sepenuhnya ke dalam tanganMu. Kami percaya Engkau yang mampu menghalau kami dari roh pengacau dan penentang di dalam keluarga ini. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa.

Anda juga bisa memakai ayat-ayat di atas untuk memberkati keluarga yang mungkin belum percaya. Di momen Imlek ini, jadilah berkat bagi keluarga yang lain.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami