5 Nilai-nilai Alkitab yang Menjadi Pusat Pelayanan CBN Indonesia
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 17 January 2023

Kalangan Sendiri

5 Nilai-nilai Alkitab yang Menjadi Pusat Pelayanan CBN Indonesia

Lori Official Writer
467

Sebagai sebuah pelayanan berskala Nasional, Cahaya Bagi Negeri (CBN) Indonesia bergerak menjalankan visi Tuhan berdasarkan kebenaran firman-Nya. 

Karena itu setiap pelayanan yang dikerjakan CBN Indonesia harus digerakkan dan berpusat pada 5 nilai-nilai Alkitab ini. 

1. Berpusat Pada Kristus (Christ Centeredness)

Kehidupan yang berpusat kepada Kristus (Kristosentris) adalah kehidupan yang fokus kepada komitmen kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan.

Ini adalah salah satu nilai yang dihidupi pelayanan CBN Indonesia. 

Alkitab mencatat banyak ayat yang menekankan tentang hidup yang berpusat kepada Kristus. Seperti beberapa ayat di bawah ini:

- Filipi 3: 10, “Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya.”

- Mazmur 19: 9, “Takut akan TUHAN itu suci, tetap ada untuk selamanya; hukum-hukum TUHAN itu benar, adil semuanya…”

- Amsal 3: 5-7, "Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan."

 

Baca Juga: 4 Cara Memiliki Hubungan yang Berpusat pada Kristus

 

2. Integritas (Integrity)

Di Perjanjian Lama, kata Ibrani yang disebut Integritas memiliki arti sesuatu yang dalam kondisi tanpa cela, penuh, sempurna, tulus, sehat, jujur dan utuh. Di Perjanjian Baru kata integritas diartikan dengan kejujuran dan ketaatan untuk tujuan yang baik.

Bagi orang percaya, Yesus adalah teladan yang sempurna dari satu-satunya pribadi yang berintegritas penuh. Bahkan saat dicobai oleh si iblis di padang gurun, Yesus tetap memegang kebenaran firman Tuhan dan berhasil menangkis setiap siasat si iblis untuk membuat-Nya berdosa.

Untuk menjalankan pelayanan Tuhan yang murni, CBN Indonesia menjunjung tinggi nilai-nilai integritas di dalam menjalankan pelayanannya.

“Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.” Kolose 3: 17

 

3. Kerendahan Hati (Humility)

Alkitab menggambarkan kerendahan hati sebagai sebuah kelemahlembutan, rendah hati dan tidak sombong. Kata Yunani yang diterjemahkan sebagai Kerendahan Hati (Kolose 3: 12) secara harafiah memiliki arti ‘tidak sombong’. 

Jadi kerendahan hati merupakan sikap hati. Sama seperti Yesus, pelayanan CBN hadir untuk menjadi yang terkecil. Hadir untuk melayani dan bukan untuk dilayani. Sikap hati inilah yang terus dihidupi CBN Indonesia sampai hari ini, salah satunya dengan terus melayani gereja Tuhan di Indonesia.

“Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.” Kolose 3: 12

“Rendahkanlah dirimu di hadapan Tuhan, dan Ia akan meninggikan kamu.” Yakobus 4: 10

 

4. Berbelas Kasihan (Compassion)

Kata Ibrani dan Yunani dari belas kasihan diartikan dengan ‘memiliki rasa empati, belas kasihan dan kasih’. Alkitab menyebut bahwa Allah yang pribadi yang penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih setia (Mazmur 86: 15). Karakter inilah yang dikloning oleh pelayanan CBN Indonesia.

Setiap pelayanan yang dikerjakan harus digerakkan dari dorongan belas kasihan Tuhan. Yesus memandang orang-orang yang tersesat di dalam hidupnya dengan belas kasihan. Sehingga Ia datang untuk menjangkau dan menawarkan keselamatan dan jaminan kehidupan kekal atas mereka. Tindakan belas kasihan ini yang dilakukan Yesus terhadap 10 orang buta, perempuan Samaria dan orang-orang yang Ia temui di jalanan.

Yesus tak pernah putus asa melayani orang-orang bermasalah yang datang kepada-Nya. Sebaliknya, Dia menyambut dengan pelukan hangat. CBN Indonesia ingin menghadirkan belas kasihan yang sama bagi semua orang yang dilayaninya. 

“Ketika Yesus mendarat, Ia melihat sejumlah besar orang banyak, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala. Lalu mulailah Ia mengajarkan banyak hal kepada mereka.” Markus 6: 34

“Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya?” 1 Yohanes 3: 17

 

5. Keunggulan (Excellence)

Kata unggul diartikan dengan memiliki kualitas terbaik. Seseorang disebut unggul saat dia memiliki nilai yang membuatnya berbeda dengan orang lain. Pelayanan CBN Indonesia menghidupi nilai Alkitab kelima yaitu keunggulan.

Di dalam Alkitab disebutkan bahwa nilai unggul diwariskan dari Tuhan sendiri. Dia adalah pribadi yang unggul dalam segala sesuatu (Ulangan 32: 4).

 

Baca Juga: Menjadi Anak Tuhan yang Unggul Menurut Alkitab

 

Jadi, baik dalam kehidupan sehari-hari, bekerja maupun melayani, anak-anak Tuahn harus menjadi pribadi yang unggul. Pelayanan CBN Indonesia dan semua program media, pemuridan dan pelayanan lainnya yang dihasilkannya harus menjadi unggul dari semua program yang dihasilkan oleh media sekuler.

“Maka sekarang, sama seperti kamu kaya (unggul) dalam segala sesuatu, --dalam iman, dalam perkataan, dalam pengetahuan, dalam kesungguhan untuk membantu, dan dalam kasihmu terhadap kami--demikianlah juga hendaknya kamu kaya (unggul) dalam pelayanan kasih ini.” 2 Korintus 8: 7

“Pernahkah engkau melihat orang yang cakap dalam pekerjaannya? Di hadapan raja-raja ia akan berdiri, bukan di hadapan orang-orang yang hina.” Amsal 22: 29

Apakah Anda ingin belajar banyak tentang pelayanan CBN Indonesia dan setiap dampak yang dihasilkan bagi Indonesia? Temukan informasi selengkapnya dengan klik link di bawah.

 

Seputar Pelayanan CBN Indonesia

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami