5 Bahan Khotbah Tentang Bersyukur Dalam Segala Hal
Sumber: canva

Kata Alkitab / 14 January 2023

Kalangan Sendiri

5 Bahan Khotbah Tentang Bersyukur Dalam Segala Hal

Claudia Jessica Official Writer
543

Bersyukur adalah hal yang harus dilakukan oleh orang percaya. Karena bersyukur adalah bentuk iman dalam Tuhan yang memberi keyakinan bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup adalah bagian dari rencana Tuhan yang lebih besar dan bahwa Tuhan selalu bekerja untuk kebaikan orang percaya.

Tapi gak jarang bersyukur ini sulit dilakukan dan terkadang juga menantang. Faktornya pun beragam seperti kecewa, merasa cemas, merasa selalu kurang, dan masih banyak lagi.

Bersyukur sejatinya adalah pilihan. Seseorang dapat memilih untuk fokus pada hal-hal yang dia syukuri daripada pada hal-hal yang menyebabkan keluhan atau kekecewaan. Ini dapat membantu seseorang untuk merasa lebih positif dan optimis tentang hidup.

Namun, juga diperlukan untuk diingat bahwa bersyukur bukanlah sesuatu yang datang dengan mudah bagi semua orang dan dapat memerlukan usaha dan latihan untuk menjadi lebih baik dalam bersyukur.

Sebagai hamba Tuhan, para gembala pasti menginginkan jemaatnya untuk bersyukur dalam segala hal bukan? Berikut ini adalah 5 khotbah tentang bersyukur yang dapat disampaikan kepada jemaat dalam ibadah:

1. Judul: Mengucap Syukurlah Karena Anugerah Allah Sempurna

Masih ada orang Kristen yang beranggapan bahwa pencobaan yang dialaminya itu datang dari Tuhan. Akibatnya dia tidak bisa bersyukur dalam menghadapinya. Hal ini keliru karena Firman Tuhan dengan tegas mengatakan, Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun.

“Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.” (Yakobus 1:13-14)

Jadi sebenarnya manusialah yang menyebabkan dirinya sendiri jatuh dalam pencobaan. Kata Yunani yang dipakai adalah peirasmos, bisa berarti pencobaan atau juga godaan. Jelas dari konteksnya bahwa pencobaan dimaksudkan berkaitan dengan ujian terhadap iman yang membawa orang kepada kesempurnaan.

Jadi apakah kita harus tetap bersyukur saat menghadapi ujian atau pencobaan?

Khotbah ini dapat Anda baca selengkapnya dengan KLIK DI SINI

 

2. Judul: Mengucapkan Syukur dalam Segala Kondisi

Nilai kehidupan orang percaya adalah selalu ada ucapan syukur yang keluar dari mulut kita, sebagai tanda penghormatan akan kasih setia Tuhan yang tidak terbatas dan perbuatan-Nya yang ajaib di tengah-tengah hidup kita.

Dalam 2 Tesalonika 1:3 mencatat, “Kami wajib selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu, saudara-saudara. Dan memang patutlah demikian, karena imanmu makin bertambah dan kasihmu seorang akan yang lain makin kuat di antara kamu.”

Dasar dari Paulus menulis surat ini sama seperti dalam 1 Tesalonika, yakni mengenai ucapan syukur. Mengapa harus bersyukur?

Khotbah ini dapat Anda baca selengkapnya dengan KLIK DI SINI

 

3. Judul: Buat Anda yang Sulit Bersyukur, Coba Lakukan 10 Tips Ini…

Selalu berpikiran negatif terhadap diri sendiri? Suka komplain dan gak terima sama keadaan yang terjadi? Jika ya, maka mungkin saja orang tersebut sedang mengalami masalah hati dimana pikiran negatif yang terus muncul membuatmu sulit untuk bersyukur.

Untuk mengatasinya menjadi hati yang bersyukur, ada 10 tips yang bisa dilakukan untuk mengusir pikiran negatif itu dan mengubahkan hatimu jadi lebih mudah bersyukur.

Khotbah ini dapat Anda baca selengkapnya dengan KLIK DI SINI

 

4. Judul: Tetap Bersukacita di Tengah Masalah

Saat kita sedang berada dalam kesulitan atau masalah yang biasanya mendatangkan duka, tetapi jika kita memilih untuk tetap bersyukur dan memuji Tuhan, itu adalah wujud dari salah satu buah Roh, yaitu sukacita. Sebagai pengikut Tuhan Yesus, kita harus membawa sukacita keselamatan kemanapun kita pergi. Saya percaya ini adalah kekuatan yang Tuhan berikan kepada orang percaya seperti yang tertulis dalam Galatia 5:22. Sukacita adalah salah satu Buah Roh yang diberikan Tuhan.

Khotbah ini dapat Anda baca selengkapnya dengan KLIK DI SINI

 

5. Judul: 7 Alasan Kenapa Makin Tua Kita Justru Makin Bersyukur

Apakah Anda sudah melewati usia 20-an yang penuh dengan energi dan kini memasuki usia 30-an yang rasanya berbeda? Atau Anda sudah memasuki usia 40-an dan menyadari begitu banyak perubahan yang terjadi atas hidup Anda. Bahkan lingkaran pertemanan semakin berkurang dan bahkan hidup mulai berjalan stagnan.

Tahukah Anda bahwa setiap orang yang diberikan umur panjang pasti akan melewati periode tersebut. Orang yang lebih muda juga akan melewati usia dimana Anda saat ini menyadari bahwa Anda sudah cukup tua. Karena firman Tuhan berkata bahwa, “Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya. Ada waktu untuk lahir, ada waktu untuk meninggal, ada waktu untuk menanam, ada waktu untuk mencabut yang ditanam…” (Pengkhotbah 3: 1-2).

Setiap orang punya musim dan perjalanannya. Di posisi apapun Anda saat ini, ketahuilah 7 alasan kenapa Anda perlu bersyukur.

Khotbah ini dapat Anda baca selengkapnya dengan KLIK DI SINI

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami