Melihat Pulau Baru yang Muncul Setelah Gempa Maluku, Kata BMKG Tak Berbahaya
Sumber: cdn.antaranews.com

News / 12 January 2023

Kalangan Sendiri

Melihat Pulau Baru yang Muncul Setelah Gempa Maluku, Kata BMKG Tak Berbahaya

Claudia Jessica Official Writer
593

Maluku diguncang gempa berkekuatan magnitudo 7,5 pada hari Selasa (10/01/2023). Pusat gempa terjadi di Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan banyak rumah warga yang hancur akibat guncangan gempa.

Setelah gempa, BMKG menyatakan adanya kemunculan pulau baru yang merupakan fenomena alam yang biasa.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menyebutkan bahwa fenomena kemunculan pulau ini adalah fenomena alam yang dikenal dengan istilah gunung lumpur (mud volcano) yang terkadang muncul ke permukaan pasca terjadinya gempa kuat.

Daryo menjelaskan, “Material lunak itu terperangkap yang kemudian dapat menjadi overpressure jika ditekan oleh gaya tektonik atau karena adanya masukan guncangan gempa kuat sebagai input motion.”

Sementara itu, dosen teknik geologi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Salahuddin Husein mengungkapkan secara terpisah bahwa dalam kerak bumi bagian teratas, ada tumpukan sedimen hasil dari erosi darat. Hasil erosi darat itulah yang kemudian dibawa oleh proses erosi, diletakkan atau disedimentasikan di laut sekitar pulau. Biasanya hasil erosi yang masuk ke laut berukuran halus atau lempung yang jarang sekali bisa menjadi batu dengan cepat.

Sumber : jawapos
Halaman :
1

Ikuti Kami