18 Ayat Alkitab yang Berbicara Tentang Pentingnya ‘Keutuhan’ Sebuah Keluarga
Sumber: canva.com

Spirituality / 9 January 2023

Kalangan Sendiri

18 Ayat Alkitab yang Berbicara Tentang Pentingnya ‘Keutuhan’ Sebuah Keluarga

Claudia Jessica Official Writer
657

Sebuah keluarga pada umumnya terdiri dari seorang ayah, seorang ibu, dan anak-anak. Idealnya, sebuah keluarga dapat menciptakan kebahagiaan dan kesejahteraan.

Namun, saat ini orang-orang yang tinggal di bawah satu atap yang sama, yang dinamakan keluarga jauh dari persatuan. Tak jarang hubungan mereka hilang entah kemana. Rumah tidak lagi menjadi rumah yang nyaman, dan keluarga jauh dari fungsi sejatinya.

Alkitab banyak sekali membicarakan tentang persatuan keluarga dan betapa pentingnya hal tersebut. Mari kita lihat apa yang Alkitab katakan tentang persatuan keluarga dan bagaimana hal tersebut dapat mempengaruhi kehidupan Anda secara keseluruhan:

Kolose 3:13Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

Mazmur 127:3-5 Sesungguhnya, anak-anak lelaki adalah milik pusaka dari pada TUHAN, dan buah kandungan adalah suatu upah. Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda. Berbahagialah orang yang telah membuat penuh tabung panahnya dengan semuanya itu. Ia tidak akan mendapat malu, apabila ia berbicara dengan musuh-musuh di pintu gerbang.

Amsal 11:29Siapa yang mengacaukan rumah tangganya akan menangkap angin; orang bodoh akan menjadi budak orang bijak.

Mazmur 133:1Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun!

1 Timotius 5:8Tetapi jika ada seorang yang tidak memeliharakan sanak saudaranya, apalagi seisi rumahnya, orang itu murtad dan lebih buruk dari orang yang tidak beriman.

Efesus 6:4Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.

 

BACA JUGA: Belajar Dari Cara Rut dan Naomi Hadapi Tragedi yang Menimpa Keluarganya

 

Keluaran 20:12 Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

Kolose 3:20 Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan.

Amsal 15:20 Anak yang bijak menggembirakan ayahnya, tetapi orang yang bebal menghina ibunya.

Matius 15: 4 Sebab Allah berfirman: Hormatilah ayahmu dan ibumu; dan lagi: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya pasti dihukum mati.

Efesus 5:25 Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya.

Roma 12:9Hendaklah kasih itu jangan pura-pura! Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik.

 

BACA JUGA: Komunikasi Keluarga yang Baik Bantu Anak Tak Ikut-ikutan Trend Dunia

 

1 Korintus 13:4-8Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.

Amsal 1:8Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu.

Kisah Para Rasul 10:2 - Ia saleh, ia serta seisi rumahnya takut akan Allah dan ia memberi banyak sedekah kepada umat Yahudi dan senantiasa berdoa kepada Allah.

1 Timotius 3:4Seorang kepala keluarga yang baik, disegani dan dihormati oleh anak-anaknya.

Amsal 3:5Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.

Kisah Para Rasul 2:39 Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita.

 

BACA JUGA: Hidup yang Berintegritas Dalam Tuhan akan Menciptakan Keturunan yang Berbahagia

 

Tuhan ingin keluarga dalam berfungsi sebagaimana mestinya, bukan sekedar perkumpulan orang-orang yang tinggal di dalam satu rumah yang sama. Keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan kita, orang percaya yaitu untuk membangun dan menumbuhkan iman.

Keluarga juga bertanggung jawab untuk memberikan dukungan dan bimbingan spiritual kepada anggotanya. Terlebih lagi, keluarga adalah tempat seseorang belajar menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab dan mengembangkan sikap serta sifat-sifat seperti kasih, murah hati, hingga saling menghargai.

Dalam keluarga Kristen, orang tua juga bertanggung jawab untuk membimbing anak-anak mereka dalam memahami dan mengikuti ajaran-ajaran Kristen, serta menjadi teladan yang baik bagi anak-anak mereka.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami