3 Cara Ajarkan Anak Sekolah Minggu Biar Jadi Sosok Pemberani
Sumber: Studies Weekly

Relationship / 3 January 2023

Kalangan Sendiri

3 Cara Ajarkan Anak Sekolah Minggu Biar Jadi Sosok Pemberani

Lori Official Writer
1863

Kakak sekolah minggu pasti akan bertemu dengan beragam tipe anak. Bagaimana dengan tipikal anak yang penakut? Mungkin ada kakak yang kebingungan menghadapi anak tipikal ini. 

Tapi gak perlu kuatir, kakak-kakak sekalian bisa bantu mereka untuk jadi sosok yang pemberani dengan banyak cara. 

1. Berikan pandangan Alkitab tentang menjadi berani

Di dalam Alkitab keberanian artinya kemampuan untuk bisa memegang kata-kata (Kisah Para Rasul 4: 12), benar secara moral (2 Petrus 1: 3) atau keberanian atas keyakinan yang dianut (2 Tawarikh 15: 8).

Kakak-kakak bisa mengajarkan anak tentang teladan keberanian di dalam Alkitab. Seperti Abraham yang menunjukkan keberaniannya memenuhi panggilan Tuhan, pergi ke tempat yang sama sekali dia belum tahu (Kejadian 12: 1-6). Atau seperti Yakub yang menunjukkan keberaniannya saat pergi ke Mesir untuk mendapatkan janji Tuhan (Kejadian 46: 3). Atau Musa yang tak pernah putus asa menghadapi Firaun dan memimpin Bangsa Israel keluar dari tanah perbudakan Mesir (Ibrani 11: 27). 

Melalui kisah-kisah Alkitab ini, kakak-kakak sekolah minggu bisa mengingatkan anak bahwa orang beriman tak perlu takut karena selalu ada Tuhan yang menyertai. Tuhan adalah penolong sehingga ketakutan tak seharusnya berkuasa atas anak-anakNya (Matius 10: 28).

 

Baca Juga: Ajarkan Anak 5 Etika Ini Saat Berlibur di Tempat Umum

 

2. Ajarkan tentang teladan kasih Tuhan

Firman Tuhan berkata bahwa kasih melenyapkan rasa takut (1 Yohanes 4: 18). Saat anak mendapatkan kasih yang cukup dari orang terdekatnya, orang tua, teman dan kakak sekolah minggu, anak akan lebih percaya diri dan tak lagi dikuasai rasa takut akan apapun yang mereka hadapi. Karena dia tahu ada orang-orang yang selalu mendukung dan mengasihinya.

 

3. Berikan bimbingan

Ada anak yang merasa takut karena pengalaman tak mengenakkan dalam hidupnya. Sebagai kakak sekolah minggu, cobalah untuk menggali akar persoalan ketakutan yang dialami anak. Dengan mengetahui akarnya, kakak-kakak sekalian bisa memberikan bimbingan yang tepat untuk mengobati rasa takut anak dan menjadikannya sebagai anak yang pemberani.

 

Baca Juga: Biar Sekolah Minggu Gak Membosankan, Ajak Anak-anak Main Ini Yuk!

 

Mari bantu generasi anak kita mengalami perubahan karakter melalui imannya. Jika kakak masih mengalami kesulitan untuk membimbing anak, kakak-kakak sekolah minggu bisa menggunakan modul Superbook Indonesia yang berisi banyak kisah tokoh Alkitab yang sangat menginspirasi.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami