6 Manfaat Kolagen Dalam Mendukung Kesehatan Tubuh
Sumber: HerZindangi

Health / 14 December 2022

Kalangan Sendiri

6 Manfaat Kolagen Dalam Mendukung Kesehatan Tubuh

Lori Official Writer
2961

3. Mencegah keropos tulang

Struktur dan kekuatan tulang berasal dari kolagen. Sama seperti produksi kolagen yang semakin berkurang seiring waktu, massa tulang juga akan menyusut. Dalam kondisi ini, mereka yang sudah beranjak lanjut usia akan rentan terserang penyakit osteoporosis.

Namun untuk mencegah terjadinya osteoporosis dini, mengkonsumsi kolagen terbukti bisa membantu. Dalam sebuah studi terhadap 66 wanita menopause yang mengkonsumsi 5 gram kolagen secara rutin setiap hari selama 12 bulan mengalami peningkatan kepadatan mineral tulang (BMD) sebesar 7% dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi kolagen.

 

4. Meningkatkan massa otot

Sebagai protein yang paling melimpah di dalam tubuh, kolagen merupakan komponen penting dari otot rangka. 

Studi menemukan bahwa suplemen kolagen membantu meningkatkan massa otot pada penderita sarkopedia atau yang kehilangan massa otot seiring bertambahnya usia.

Dalam sebuah studi terhadap 27 pria lansia yang mengalami sarkopedia, mengkonsumsi kolagen sebesar 15 gram selama 12 minggu sembari melakukan olahraga teratur sangat bermanfaat menambah massa dan kekuatan otot.

 

5. Meningkatkan kesehatan jantung 

Para peneliti menemukan bahwa suplemen kolagen bisa membantu mengurangi risiko serangan jantung. 

Kolagen dipercaya bisa meningkatkan jaringan arteri atau pembuluh darah yang berfungsi menyalurkan darah dari jantung ke seluruh tubuh. Tanpa kolagen yang cukupm jaringan arteri bisa semakin menurun dan kurang fleksibel. Dalam kondisi ini, biasanya akan sangat mudah mmuncul penyakit aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah yang menjadi penyebab serangan jantung dan stroke.

Hasil studi terhadpa 31 orang dewasa sehat yang mengkonsumsi 16 gram kolagen per hari memiliki pembuluh darah yang jauh lebih sehat. 

 

6. Membuat rambut tumbuh subur

Selain kelima manfaat di atas, mengkonsumsi kolagen rupanya sangat bermanfaat dalam menyuburkan dan menjaga kesehatan rambut. Rambut bisa tumbuh semakin lebat dan subur. 

Selain itu, kolagen juga ditemukan sangat berguna dalam menjaga kesehatan otak dan menurunkan berat badan. Meski begitu manfaat ini masih terus diuji melalui penelitian.

 

Berapa jangka waktu kolagen bekerja dalam tubuh

Pergantian kolagen biasanya akan memakan waktu yang lambat dan cukup lama. Karena itu dibutuhkan setidaknya 8 minggu untuk melihat dan merasakan hasil nyata dari mengkonsumsi kolagen secara rutin.

Untuk manfaat kesehatan kulit dan mencegah peradangan sendi, para peneliti membutuhkan waktu selama 8 minggu untuk melihat hasil nyatanya. Sementara untuk kesehatan tulang, dibutuhkan waktu lebih kurang 12 bulan untuk melihat hasilnya.

Sama seperti proses membentuk otot melalui olahraga, untuk mendapatkan hasil dari suplemen kolagen bagi kesehatan tubuh dibutuhkan kesabaran dan kerajinan dalam mengkonsumsinya setiap hari. Tentunya sesuai dengan dosis yang dianjurkan dokter atau ahli nutrisi. 

Sumber : Healthline.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami