Sudah 7 Hari Lamanya CBN dan OBI Memberikan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur
Sumber: jawaban.com

Berita CBN / 30 November 2022

Kalangan Sendiri

Sudah 7 Hari Lamanya CBN dan OBI Memberikan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Claudia Jessica Official Writer
1708

Tujuh hari sudah tim CBN dan OBI bergerak bersama membantu korban dampak gempa Cianjur yang terjadi pada Senin (21/11/2022) lalu. Dimulai sejak hari Selasa (22/11/2022), bantuan CBN dan OBI telah disalurkan ke beberapa desa.

Bantuan ini didistribusikan oleh para fasilitator CBN dan relawan OBI.

Bantuan Hari Pertama

Gambar: Bantuan di hari pertama


Pada pendistribusian hari pertama, tim CBN dan OBI dibantu oleh beberapa jemaat dari gereja yang bermitra dengan CBN seperti gereja GBI Rock Cianjur yang berlokasi di Desa Limbangsari.

Bantuan yang diberikan berupa kasur lipat, selimut, dan terpal.

Berdasarkan hasil survei kondisi lapangan di hari pertama, banyak jalan yang ditutup karena adanya kunjungan pejabat, beberapa toko dan rumah makan di Kota Cianjur masih bisa beroperasi dengan baik, titik bencana yang paling parah terjadi di Desa Limbangansari, Kec.  Cianjur; Desa Rancagoong, dan Kecamatan Cugenang.

Di hari pertama, ada protokol keamanan yang menghimbau agar masyarakat diwajibkan untuk berada di area terbuka. Kendati demikian, masih banyak masyarakat yang tidak memiliki tenda untuk berteduh.

Tim CBN dan OBI mendaftarkan diri di Posko BNPB untuk memudahkan dalam melacak dan mendistribusikan bantuan ke lokasi yang terdampak.

Bantuan Hari Kedua

Gambar: Bantuan di hari kedua


Pada hari Rabu (23/11/2022), tim CBN dan OBI mendistribusikan ratusan selimut, beberapa terpal dan paket makanan ke lokasi Desa Mekarsari, Kampung Limbangan 2 (120 KK) dan Desa Limbangansari Kampung Tegal Reja.

Di hari kedua ini proses pendistribusian terganggu oleh hujan yang turun sepanjang hari. Meski keadaan tidak mudah, tidak membuat tim CBN dan OBI mengurungkan niat untuk membantu para korban gempa Cianjur.

Bantuan Hari Ketiga

Gambar: Bantuan di hari ketiga


Di hari ketiga, tim CBN dan OBI dibagi mengunjungi tiga posko pengungsian untuk memberikan bantuan lebih banyak.

Kepala posko satu memberikan informasi bahwa bantuan sembako yang sudah ada cukup melimpah, dan mereka membutuhkan terpal untuk alas tenda serta perbaikan tenda yang hamper bocor setiap hari lantaran hujan yang turun sepanjang hari. Oleh karena itu CBN dan OBI membantu dalam menyediakan puluhan kasur lipat dan beberapa terpal.

Sedangkan di posko kedua, CBN dan OBI mendistribusikan puluhan kasur dan puluhan paket sembako.

Di posko ketiga yang berjarak lebih dari 2 km, relatif terpencil dan dekat dengan persawahan. Kondisi di posko ini sangat memprihatinkan karena warga harus mandi dari air sawah yang keruh. Posko ketiga ini membutuhkan lebih banyak selimut lantaran cuaca yang cukup dingin saat malam tiba. Warga juga harus menuruni tangga yang licin untuk mencapai tenda mereka. Tidak ada listrik yang mengalir dan penerangan yang cukup untuk menerangi saat malam tiba. Di posko ketiga ini CBN dan OBI membagikan puluhan selimut dan belasan paket sembako.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami