Sudah 7 Hari Lamanya CBN dan OBI Memberikan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur
Sumber: jawaban.com

Berita CBN / 30 November 2022

Kalangan Sendiri

Sudah 7 Hari Lamanya CBN dan OBI Memberikan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Claudia Jessica Official Writer
4300

Tujuh hari sudah tim CBN dan OBI bergerak bersama membantu korban dampak gempa Cianjur yang terjadi pada Senin (21/11/2022) lalu. Dimulai sejak hari Selasa (22/11/2022), bantuan CBN dan OBI telah disalurkan ke beberapa desa.

Bantuan ini didistribusikan oleh para fasilitator CBN dan relawan OBI.

Bantuan Hari Pertama

Gambar: Bantuan di hari pertama


Pada pendistribusian hari pertama, tim CBN dan OBI dibantu oleh beberapa jemaat dari gereja yang bermitra dengan CBN seperti gereja GBI Rock Cianjur yang berlokasi di Desa Limbangsari.

Bantuan yang diberikan berupa kasur lipat, selimut, dan terpal.

Berdasarkan hasil survei kondisi lapangan di hari pertama, banyak jalan yang ditutup karena adanya kunjungan pejabat, beberapa toko dan rumah makan di Kota Cianjur masih bisa beroperasi dengan baik, titik bencana yang paling parah terjadi di Desa Limbangansari, Kec.  Cianjur; Desa Rancagoong, dan Kecamatan Cugenang.

Di hari pertama, ada protokol keamanan yang menghimbau agar masyarakat diwajibkan untuk berada di area terbuka. Kendati demikian, masih banyak masyarakat yang tidak memiliki tenda untuk berteduh.

Tim CBN dan OBI mendaftarkan diri di Posko BNPB untuk memudahkan dalam melacak dan mendistribusikan bantuan ke lokasi yang terdampak.

Bantuan Hari Kedua

Gambar: Bantuan di hari kedua


Pada hari Rabu (23/11/2022), tim CBN dan OBI mendistribusikan ratusan selimut, beberapa terpal dan paket makanan ke lokasi Desa Mekarsari, Kampung Limbangan 2 (120 KK) dan Desa Limbangansari Kampung Tegal Reja.

Di hari kedua ini proses pendistribusian terganggu oleh hujan yang turun sepanjang hari. Meski keadaan tidak mudah, tidak membuat tim CBN dan OBI mengurungkan niat untuk membantu para korban gempa Cianjur.

Bantuan Hari Ketiga

Gambar: Bantuan di hari ketiga


Di hari ketiga, tim CBN dan OBI dibagi mengunjungi tiga posko pengungsian untuk memberikan bantuan lebih banyak.

Kepala posko satu memberikan informasi bahwa bantuan sembako yang sudah ada cukup melimpah, dan mereka membutuhkan terpal untuk alas tenda serta perbaikan tenda yang hamper bocor setiap hari lantaran hujan yang turun sepanjang hari. Oleh karena itu CBN dan OBI membantu dalam menyediakan puluhan kasur lipat dan beberapa terpal.

Sedangkan di posko kedua, CBN dan OBI mendistribusikan puluhan kasur dan puluhan paket sembako.

Di posko ketiga yang berjarak lebih dari 2 km, relatif terpencil dan dekat dengan persawahan. Kondisi di posko ini sangat memprihatinkan karena warga harus mandi dari air sawah yang keruh. Posko ketiga ini membutuhkan lebih banyak selimut lantaran cuaca yang cukup dingin saat malam tiba. Warga juga harus menuruni tangga yang licin untuk mencapai tenda mereka. Tidak ada listrik yang mengalir dan penerangan yang cukup untuk menerangi saat malam tiba. Di posko ketiga ini CBN dan OBI membagikan puluhan selimut dan belasan paket sembako.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Bantuan Hari Keempat

Gambar: Bantuan di hari keempat


Pada hari keempat, tim CBN dan OBI pergi ke Kampung Awilarangan, Desa Bejot, Kecamatan Cugenang. Di hari keempat setelah gempa, masih terjadi beberapa gempa susulan disertai hujan yang cukup deras. Di tempat ini CBN dan OBI memberikan puluhan terpal dan plastic terpal, ratusan selimut, dan puluhan matras. Selain itu, ada juga ratusan paket kebersihan dan beberapa paket makanan.

Bantuan Hari Kelima

Gambar: Bantuan di hari kelima


Bantuan hari kelima ditujukan kepada Kampung Salahuni Desa Talaga Kecamatan Cugenang. Di hari kelima ini CBN dan OBI masih terus memberikan bantuan seperti selimut, matras, terpal, paket kebersihan dan paket makanan.

Selain itu, di hari kelima ini juga diadakan bakti sosial kesehatan dengan seorang dokter dan tiga perawat yang menjadi relawan. Meski hujan masih mengguyur Cianjur dan gempa susulan masih terjadi beberapa kali, warga tetap menyambut tim CBN dan OBI dengan baik.

Berdasarkan informasi warga, banyak pengungsi di lokasi lain yang enggan datang ke lokasi bakti sosial karena merasa malu. Akhirnya tim OBI didampingi oleh pemuda setempat mendatangi lokasi yang dimaksud dan mengajak para warga yang sakit untuk mendatangi lokasi bakti sosial kesehatan.

Bantuan Hari Keenam

Gambar: Bantuan di hari keenam


Di hari keenam, tim CBN dan OBI mendistribusikan bantuan ke beberapa lokasi seperti Desa Limbangan, Kampung Gacor, Kampung Nanggeleng, Kampung Cijati, dan Kampung Surupan Desa Sukaresmi. Beberapa bantuan yang berupakan di lokasi ini adalah terpal, selimut, dan paket kebersihan.

Sedangkan Bakti Sosial Kesehatan diadakan di Kampung Berenuk Desa Limbangan Sari warga menyediakan posko kesehatan di tenda-tenda untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan gratis. Sementara itu, Bakti Sosial Kesehatan yang diadakan di Gang Asem, Kampung Bobogana, Desa Mekarsari dilakukan oleh dua dokter dan tiga perawat yang diantar oleh penduduk setempat untuk berkeliling dari posko ke posko lain untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi pengungsi di lokasi tersebut.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA ⇒

Bantuan Hari Ketujuh

Pada hari yang ketujuh kegiatan dilakukan di Desa Bobogana, Desa Mekarsari, Desa Awilarangan, Desa Nyelempet, dan Desa Panggilingan. Di hari ketujuh ini hujan turun sejak siang hari hingga jam tujuh malam dan membuat jalan menuju lokasi menjadi licin. Terhitung terjadi lima kali gempa susulan di hari ini.

Ketiga desa ini merupakan lokasi yang belum tersentuh oleh bantuan lain. Kondisi di ketiga desa yang berdekatan ini sangat memprihatinkan. Rata-rata 70% rumah warga rusak ringan, dan 5% rumah rusak berat. Karena masih sering terjadi gempa susulan, warga desa lebih memilih tidur di tenda. Kondisi warga di 3 desa ini sangat membutuhkan bantuan medis. Orang tua dan anak-anak sudah mulai mengalami sakit akibat udara di dalam tenda, hujan, dan udara dingin.

Di Desa Nyelempet, warga membuka tenda di pinggir sawah yang keras dan bocor jika hujan turun. Untuk itu, tim CBN dan OBI membantu warga dengan memberikan selimut, paket kebersihan dan terpal.

Yuk kita berdoa untuk semua saudara-saudara kita yang berada di Cianjur dan menjadi korban dari gempa ini agar mereka diberikan kekuatan dalam menghadapi bencana ini. Berdoa juga agar setiap warga yang sakit cepat pulih dan kondisi Cianjur segera pulih kembali.

Bagi Anda yang masih mau memberikan bantuan untuk korban gempa Cianjur, CBN dan OBI masih akan terus menyalurkan bantuan ke Cianjur secara langsung, termasuk hari ini. Anda bisa memberikan dukungan Anda dengan berdonasi melalui rekening Obor Berkat Indonesia BCA 522 0309 292 a/n Yayasan Obor Berkat Indonesia.  

Mari kita menolong saudara-saudara kita untuk meringankan beban mereka seperti yang Firman Tuhan katakan.

Lihat video pendistribusian bantuan untuk korban gempa Cianjur di bawah ini:

Sumber : jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami