Fakta Alkitab: Penemuan Benda Bersejarah Zaman Tuhan Yesus Ini Buktikan Keabsahan Alkitab
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 28 November 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Penemuan Benda Bersejarah Zaman Tuhan Yesus Ini Buktikan Keabsahan Alkitab

Lori Official Writer
845

Beberapa waktu lalu para arkeolog menemukan sebuah pilar saat melakukan penggalian di dekat pintu masuk ke kota Yerusalem. 

Berikut penemuan-penemuan terbaru yang diungkapkan para arkeolog.

Julie Stahl (Reporter)

Pilar itu berada di Museum Israel di Galeri Bait Suci K   edua. Temuan ini adalah harta karun terbaru dari zaman Yesus yang dipamerkan, ada tulisan pada pilar itu yang berbunyi 'Hanania putra Dudolos dari Yerusalem'

 

Baca Juga: Fakta Alkitab: Di Lokasi Inilah Yesus Bertemu dengan Musa dan Elia

 

Dudi Mevorach (Senior Curator)

Yang mengejutkan kata Yerusalem dituliskan dan diucapkan dengan cara yang sama seperti sekarang  'Yerushalayim'. Dan ini pertama kalinya kami memiliki prasasti jenis ini dari 2000 tahun yang lalu dari zaman Bait Allah kedua. 

Menurut Kurator Senior Dudi Mevorach kata 'Yerushalayim' juga ditulis pada koin dari masa Pemberontakan Besar Yahudi melawan Romawi sekitar tahun 70 Masehi. Namun hal itu dilakukan karena ada agenda politik. 

 

Dudi Mevorach (Senior Curator)

Di sini tidak ada agenda, hanya seorang pengrajin dari Desa Tembikar yang menyebutkan namanya, nama ayahnya, dan menyatakan bahwa dia bukan dari desa tetapi dia berasal dari kota besar, dari Yerushalayim. 

 

Baca Juga: Pernah Jadi Budak, Tokoh Alkitab Ini Terpilih Sebagai Pasukan Penakluk Tangguh

 

Danit Levy (The Israel Antiquities Authority)

Situs ini merupakan tempat pembuatan tembikar yang mulai mereka kembangkan pada akhir abad kedua sebelum Masehi dan berlanjut hingga abad kedua setelah Masehi. 

Penemuan pilar ini berasal dari penggalian sebuah fondasi bangunan Romawi. Pilar tersebut digunakan ulang oleh orang Romawi, sebab prasasti di pilar itu menggunakan bahasa Aram dan huruf Ibrani yang khas di zaman Herodes Agung. 

 

Danit Levy

Kami melihat pilar dengan tulisan itu tidak bersih tetapi mereka dapat mengenali beberapa huruf yang ada dalam bahasa Ibrani. 

Proses penggalian itu diawasi oleh Arkeolog Danit Levy dari Otoritas Benda Kuno Israel.

 

Baca Juga: Fakta Alkitab: Moab, Bangsa yang Terlahir dari Hubungan Bapak dan Anak

 

Danit Levy

Hal itu sangat menyenangkan, jantung saya berdegub kencang, saya pikir orang-orang di sekitar bisa mendengarnya.

Situs ini berjarak sekitar empat setengah mil dari kota tua yang diperkirakan adalah bagian kota Yerusalem pada masa itu 

 

Dudi Mevorach

Jadi kita sekarang tahu dengan sederhana bahwa Yerusalem disebut juga shalem, jerusalem dan Yerushalayim, hal ini kita tidak ketahui sebelumnya. Itu hanya sebagian dari kepingan mozaik tentang bagaimana kita menggambarkan masa lalu. 

 

Julie Stahl, CBN News Jerusalem. 

 

 

Temukan beragam konten inspiratif kami lainnya dengan mengikuti berbagai platform media sosial di IG @jawaban, Twitter @jawaban, FB @jawabandotcomYoutube Jawaban Channel.

 

Sumber : Jawaban Channel
Halaman :
1

Ikuti Kami