Simbol Pelangi LGBT Dilarang di Piala Dunia 2022, Bagaimana Umat Kristen Menyikapinya?

Kata Alkitab / 24 November 2022

Kalangan Sendiri

Simbol Pelangi LGBT Dilarang di Piala Dunia 2022, Bagaimana Umat Kristen Menyikapinya?

Lori Official Writer
571

Tahukah Anda, perhelatan Piala Dunia 2022 kali ini tampak sengit. Selain diwarnai kejutan-kejutan tak terduga, aturan yang ditetapkan tuan rumah Qatar sepanjang ajang lima tahunan ini pun turut menjadi perbincangan.

Secara tegas Qatar melarang adanya simbol ataupun bendera pelangi, yang merepresentasikan komunitas LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual and Transgender), di setiap pertandingannya. Dengan kata lain, tak seorang dari pemain maupun tim supporter yang diizinkan mengenakan simbol pelangi. 

Qatar memang dikenal sebagai salah satu negara Islam yang melarang keras LGBT. Sehingga mereka meminta para pengunjung untuk menghormati adat dan aturan agama yang berlaku di negara tersebut. 

 

Baca Juga: Selain Simbol 'JANJI TUHAN' Ternyata Ini 3 Makna Pelangi Menurut Alkitab

 

Di sisi lain, pihak keamanan Qatar menegaskan jika pelarangan ini diambil sebagai bentuk pencegahan terhadap tindakan diskriminasi dan kekerasan. Untuk itu tuan rumah Piala Dunia 2022 ini meminta untuk tidak mengibarkan bendera pelangi selama pertandingan.

Tentu saja pelarangan ini banyak menuai penolakan. Selain larangan penggunaan ban lengan One-Love oleh kapten timnas, pihak penyelenggara Piala Dunia juga menyuruh mantan kapten Wales Laura McAllister melepas topi bersimbol pelanginya di stadion sesaat sebelum dimulainya pertandingan. Larangan inipun membuat timnas Jerman kesal dan menyampaikannya dengan pose penuh ejekan di lapangan. Hingga akhirnya, FIFA angkat suara dan memperingatkan Qatar terkait aturan tersebut.

 

Bagaimana dengan kita? Apa tanggapan yang seharusnya kita sampaikan terkait isu simbol pelangi di Piala Dunia ini? 

Sejak kaum LGBT merepresentasikan diri mereka dengan simbol pelangi. Kita pada akhirnya memaknai simbol tersebut sebagai komunitas LGBT. Namun jauh sebelum komunitas ini muncul, simbol pelangi memiliki makna tersendiri di dalam Alkitab. 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami