Jangan Biarkan Orang Percaya Jadi Batu Sandungan Untuk Imanmu, Ingat 9 Hal Ini

Kata Alkitab / 23 November 2022

Kalangan Sendiri

Jangan Biarkan Orang Percaya Jadi Batu Sandungan Untuk Imanmu, Ingat 9 Hal Ini

Claudia Jessica Official Writer
509

Manusia adalah pendosa. Siapapun bisa melakukan kesalahan, berbuat dosa, dan mengecewakan Anda, tak terkecuali orang percaya.

Mungkin seorang tokoh Kristen atau seorang teman mengecewakan Anda dengan mengkhianati iman percayanya. Anda mungkin merasa kecewa, marah, bingung, sedih, ataupun kecewa.

Sebagai orang percaya, bagaimana kita harus menyikapi hal ini? Inilah 9 hal perlu Anda ketahui dan ingat saat ada orang Kristen yang mengecewakan Anda.

1. Ketahuilah bahwa semua orang adalah pendosa

Roma 3:23 mengatakan, “Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,”

Semua orang berdosa, termasuk kita.

Faktanya semua orang adalah berdosa dan membutuhkan Juruselamat. Hal ini mengingatkan kita bahwa kita sungguh-sungguh membutuhkan kasih karunia.

2. Dosa yang terungkap adalah hal yang baik

Efesus 5: 11-14 mengatakan, “Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu. Sebab menyebutkan saja pun apa yang dibuat oleh mereka di tempat-tempat yang tersembunyi telah memalukan. Tetapi segala sesuatu yang sudah ditelanjangi oleh terang itu menjadi nampak, sebab semua yang nampak adalah terang. Itulah sebabnya dikatakan: “Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu””

Meski menyakitkan, ini adalah hadiah ketika dosa diseret ke dalam terang. Yesus adalah terang dunia (Yoh. 8:12), dan Dia memanggil kita untuk hidup seperti kota terang di atas bukit (Mat. 5: 14-16). Kita tidak perlu menjaga kehidupan kita di dalam kegelapan. Ketika Tuhan menyingkapkan bagian-bagian gelap dari kehidupan atau hati seseorang, hal tersebut adalah tindakan belas kasihan dan kesempatan bagi kita untuk berterimakasih kepada-Nya atas anugerah-Nya yang luar biasa.

3. Salib dibangun untuk beban berat

1 Petrus 2:24 mengatakan, “Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.”

Dari waktu ke waktu, kita perlu diingatkan tentang apa yang menjadikan kita sebagai orang Kristen. Bukan berarti kehidupan kita ini sempurna, tetapi kita adalah orang Kristen karena kita menaruh iman kita kepada Yesus dan karya penebusan-Nya di kayu salib.

Salib diperlukan karena dosa kita. Salib cukup besar untuk menanggung semua dosa-dosa kita. Tidak ada dosa yang bisa kita lepaskan jika salib tidak cukup besar untuk menanggungnya.

4. Bicara tentang kebenaran di dalam kasih

Efesus 4: 14-15 – “Sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan, tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala.”

Kita harus melindungi dan membimbing satu sama lain dengan mengatakan kebenaran dalam kasih. Apa kebenaran yang dimaksud? Kebenaran adalah Firman Tuhan. Maka dari itu, kita perlu saling mengingatkan apa yang dikatakan oleh Firman Tuhan.

Itulah 4 dari 9 hal perlu Anda ketahui dan ingat saat ada orang Kristen yang mengecewakan Anda. Kita akan membahas 5 point lainnnya di artikel selanjutnya ya!

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami