Kehormatan dan Kebanggaan Seorang Manusia
Kalangan Sendiri

Kehormatan dan Kebanggaan Seorang Manusia

Naomi Irmadiana Contributor
      967

Amsal 17:6

Mahkota orang-orang tua adalah anak cucu

dan kehormatan anak-anak ialah nenek moyang mereka.”

 

Bacaan setahun : Mazmur 141; Yohanes 18; Zakharia 1-3

Ayat diatas terbagi menjadi dua bagian. Biasanya sering dibaca bergantian antara anak dan orang tua. Menurut sahabat, ayat pertama (yang atas) dan yang kedua (bagian bawah) harusnya dibaca siapa?

Ayat ini sederhana, namun acapkali orang salah dalam membaca. Yang harusnya membaca frase pertama (mahkota orang tua adalah anak cucu) adalah para anak cucu.  Tapi ayat ini lebih sering dibaca orang tua. Sedangkan kalimat kedua (kehormatan anak-anak adalah nenek moyang mereka) adalah para orang tua. Kesalahan membaca ini membuat orang tidak menangkap artinya namun saling menuntut.

Ayat yang kita baca diatas memunculkan sebuah kalimat yang mengilustrasikan peran orang tua dan anak/cucu yaitu mahkota dan kehormatan. Mahkota yang digambarkan untuk para anak cucu, merupakan lambang kemuliaan, kebanggaan dan kejayaan. Dengan kata lain, anak/cucu yang membaca ayat ini, harusnya secara sadar tahu bahwa mereka adalah kebanggaan dan kejayaan bagi orang tuanya. Sehebat apapun orang tua atau nenek moyangnya, namanya bisa rusak apabila anak/cucunya melakukan kesalahan. Oleh karenanya, marilah setiap anak/cucu bekerja keraslah agar bisa menjadi mahkota yang membanggakan orang tuanya.

Begitu juga dengan orang tua. Kehormatan seorang anak adalah nenek moyangnya, sehingga para orang tua harus sekuat tenaga menjadi seseorang yang dihormati anak karena jasa, perilaku, karakter, dan lainnya. Jadi ketika anak berbicara kepada dunia tentang orang tuanya, mereka bisa dengan bangga menceritakannya. Inilah warisan yang tidak akan lekang oleh waktu.

Sebagai orang tua, marilah kita berlomba untuk memberikan warisan kebenaran dan karakter yang seturut kehendak Tuhan agar anak bisa bangga dan meneladaninya. Sudahkah Anda membanggakan orang tua dengan menjadi mahkota, atau melakukan yang terbaik selama hidup untuk anak kita? Tuhan memberkati.

 

 

Ikuti Kami