12 Ayat Alkitab yang Nubuatkan Kelahiran Yesus dan Semuanya Digenapi Loh! (2/2)
Sumber: Tell The Lord Thank You

Kata Alkitab / 4 November 2022

Kalangan Sendiri

12 Ayat Alkitab yang Nubuatkan Kelahiran Yesus dan Semuanya Digenapi Loh! (2/2)

Lori Official Writer
20413

Kelahiran Yesus adalah penggenapan rencana Allah atas dunia. Allah sendiri menggenapinya sesuai dengan waktu-Nya.

Dan sebelum kelahiran-Nya, ada sejumlah ayat Alkitab yang berisi nubuatan tentang Yesus dan penggenapannya, diantaranya:

7. Dia disembah oleh para gembala

“Kiranya penghuni padang belantara berlutut di depannya, dan musuh-musuhnya menjilat debu…” (Mazmur 72: 9)

 

PENGGENAPAN:

Saat kelahiran Yesus, para malaikat bahkan memberitahukan berita sukacita ini kepada para gembala. Setelah mendengar sangkakala, merekapun bergegas menemui Yesus dan menyembah-Nya.

“Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan...Marilah kita pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita....” (Lukas 2: 12, 15-17)

 

Baca Juga: 12 Ayat Alkitab Nubuatan Kelahiran Yesus dan Semuanya Digenapi Loh! (1/2)

 

8. Banyak anak akan dibunuh setelah kelahiran Yesus

“Beginilah firman TUHAN: Dengar! Di Rama terdengar ratapan, tangisan yang pahit pedih: Rahel menangisi anak-anaknya, ia tidak mau dihibur karena anak-anaknya, sebab mereka tidak ada lagi.” (Yeremia 31: 15)

 

PENGGENAPAN:

Setelah mendengar kalau raja baru yang akan menggantikannya lahir, Raja Herodes menyuruh pasukannya untuk membunuh semua anak berusia 2 tahun ke bawah.

“Ketika Herodes tahu, bahwa ia telah diperdayakan oleh orang-orang majus itu, ia sangat marah. Lalu ia menyuruh membunuh semua anak di Betlehem dan sekitarnya, yaitu anak-anak yang berumur dua tahun ke bawah, sesuai dengan waktu yang dapat diketahuinya dari orang-orang majus itu.” (Matius 2: 16)

 

9. Kelahiran dan kehidupan Yesus akan datang sebelum penghancuran Yerusalem dan Bait Suci

“Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan...” (Daniel 9: 25-26)

 

PENGGENAPAN:

Sebelum kematian-Nya, Yesus sudah memberitahukan tentang kehancuran Yerusalem, sama seperti nubuatan Daniel.

“Kamu melihat semuanya itu? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya tidak satu batupun di sini akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan.” (Matius 24: 2)

 

10. Silsilah dalam Alkitab merujuk kepada Yesus

“Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini...Sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku akan menumbuhkan Tunas adil bagi Daud. Ia akan memerintah sebagai raja yang bijaksana dan akan melakukan keadilan dan kebenaran di negeri.” (Yesaya 9: 7; Yeremia 23: 5)

 

PENGGENAPAN:

Semua silsilah Yesus dituliskan di dalam Matius 1: 1-17 dan Lukas 1, dimana Dia adalah keturunan dari Daud.

“Ia menumbuhkan sebuah tanduk keselamatan bagi kita di dalam keturunan Daud, hamba-Nya itu, --seperti yang telah difirmankan-Nya sejak purbakala oleh mulut nabi-nabi-Nya yang kudus—“ (Lukas 1: 68-69)

 

 

Baca Juga: 11 Ayat Alkitab Tentang Nubuatan Yesus di Perjanjian Lama

 

11. Yesus berasal dari keturunan raja

“Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah.” (Yesaya 1: 11)

 

PENGGENAPAN:

“Isai memperanakkan raja Daud. Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria...Jadi seluruhnya ada: empat belas keturunan dari Abraham sampai Daud, empat belas keturunan dari Daud sampai pembuangan ke Babel, dan empat belas keturunan dari pembuangan ke Babel sampai Kristus.” (Matius 1: 6, 17)

 

12. Yesus dinubuatkan seperti kisah Musa

“Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku, akan dibangkitkan bagimu oleh TUHAN, Allahmu; dialah yang harus kamu dengarkan.” (Ulangan 18: 15)

 

PENGGENAPAN:

“Beberapa orang di antara orang banyak, yang mendengarkan perkataan-perkataan itu, berkata: "Dia ini benar-benar nabi yang akan datang." Yang lain berkata: "Ia ini Mesias." Tetapi yang lain lagi berkata: "Bukan, Mesias tidak datang dari Galilea! Karena Kitab Suci mengatakan, bahwa Mesias berasal dari keturunan Daud dan dari kampung Betlehem, tempat Daud dahulu tinggal.” (Yohanes 7: 40-42)

Gak ada satu rencana manusia yang terjadi tepat seperti tertulis di dalam Alkitab. Melalui firman-Nya, Tuhan menyampaikan begitu banyak rahasia kerajaan surga. Dan untuk memahami semua rahasia itu, kita perlu punya iman di dalam Dia.

 

Anda diberkati melalui artikel ini? Dukung kami untuk menjadi berkat bagi lebih banyak orang, baik dalam doa maupun yang Anda punya. Silahkan klik link di bawah ini.

 

 

SAYA DUKUNG

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami