Apakah Sebagai Orang Kristen, Kita Boleh Merayakan Halloween? Yuk Kita Bahas
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 30 October 2022

Kalangan Sendiri

Apakah Sebagai Orang Kristen, Kita Boleh Merayakan Halloween? Yuk Kita Bahas

Claudia Jessica Official Writer
6840

Insiden saat perayaan Festival Halloween di kawasan Itaewon, Seoul, Korea Selatan menjadi sebuah momok mengerikan. Bagaimana tidak, sudah lebih dari 140an orang dinyatakan meninggal dan empat ribu orang lainnya dinyatakan hilang karena kejadian ini. Festival Halloween di kawasan Itaewon ini memang mengundang rasa penasaran dan keinginan anak muda di Korea Selatan untuk merayakan pesta Halloween bersama-sama setelah tiga tahun vakum akibat pandemi. Namun apakah sebenarnya kita sebagai orang Kristen boleh mengikuti perayaan Halloween? Apa kata Alkitab tentangnya?

Kebanyakan orang Kristen setuju bahwa festival musim gugur atau panen (Halloween) tidak berbahaya. Tidak ada salahnya merayakan perubahan cuaca, menikmati buah-buahan dan suguhan musim, serta bercengkrama dengan teman dan keluarga di sekitar api unggun. Namun letak kontroversinya adalah tentang merayakan dan berpartisipasi dalam perayaan Halloween sebagai orang percaya.

Sebagian orang tua Kristen tidak mengizinkan anaknya untuk menghadiri pesta Halloween di sekolah, tidak diizinkan untuk berdandan atau melakukan trick or treat. Mereka juga tidak menghiasi rumah dengan sarang laba-laba, membuat halaman depan tidak terlihat seperti kuburan yang ditinggalkan, dan tentu saja tidak menonton film tentang penyihir, hantu, atau goblin. 

 

Sejarah Halloween

Perayaan Halloween mungkin menjadi salah satu topik yang paling memecah belah di antara orang-orang Kristen, dengan orang-orang jatuh di mana-mana. Beberapa menghabiskan waktu berjam-jam untuk mendekorasi rumah mereka, membuat pintu masuk yang menyeramkan, dengan harapan akan ada tipu daya yang ramah.

Sementara Orang Kristen lainnya mengatur perayaan Halloween mereka untuk merayakan hari Minggu sebelum All Hallow's Eve atau hanya berpartisipasi dalam acara-acara yang berfokus pada perayaan musim gugur. Bahkan sebagian keluarga memilih tidak ambil bagian dari perayaan ini.

Dengan kebangkitan Kekristenan, Hari Panen beralih ke “Hari Semua Orang Kudus”, merayakan para martir dan santo Kristen. Namun, ritual pagan berdandan, memakai topeng, dan memanggil orang mati terus berlanjut.

 

BACA JUGA: 10 Ayat Alkitab yang Bicara Tentang Perayaan Halloween

 

Sekitar pertengahan 1880-an, Holiday diperkenalkan ke Amerika dengan masuknya imigran Irlandia. Seiring waktu, itu berubah dari ritual yang terlalu pagan dan pemujaan dewa sekuler menjadi waktu berkumpul dan bersekutu dengan komunitas. Namun, praktik Halloween tradisional seperti trick or treat atau jack-o-lanterns berakar pada kepercayaan anti-Kristen

Trick or treat berawal dari orang miskin yang mengetuk pintu untuk menerima suguhan manis yang dikenal sebagai "kue jiwa" sebagai ganti doa. Mereka percaya bahwa ketika mereka meninggal, jiwa mereka akan beristirahat di api penyucian kecuali mereka dapat memberikan keuangan kepada gereja, jadi pertukaran ini adalah harapan mereka dapat mengamankan tempat di Surga.

Jack-o-lanterns mendapatkan nama mereka dari cerita rakyat Irlandia tentang seorang pria, Stingy Jack, yang begitu jahat. Dia meyakinkan Iblis untuk membebaskannya dari Neraka. Tidak dapat pergi ke Surga, Stingy Jack menjelajahi bumi dengan lentera lobak yang diisi dengan bara panas dari Neraka untuk menerangi jalannya.

Orang dapat melihat bagaimana akar sejarah Halloween tidak sejalan dengan kepercayaan Kristen tentang keselamatan, kehidupan setelah kematian, dan satu-satunya penyembahan kepada Allah.

 

Apa kata Firman Tuhan?

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA ⇒

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami