7 Tahap Melalui Proses Menyembuhkan Luka
Sumber: Asian American Christian

Kata Alkitab / 18 October 2022

Kalangan Sendiri

7 Tahap Melalui Proses Menyembuhkan Luka

Lori Official Writer
3317

Apakah saat ini Anda sedang terluka, entah itu luka karena pengkhianatan, penolakan, kehilangan dan perasaan bersalah atas diri sendiri? 

Anda tidak sendiri! Ada banyak orang yang merasakan hal serupa dan sedang menjalani proses menyembuhkan luka-lukanya. Jika Anda juga memiliki keinginan untuk sembuh, artikel ini tidak secara kebetulan ditulis khusus untuk Anda.

Apapun latar belakang Anda, Tuhan rindu Anda dipulihkan sepenuhnya karena Dia adalah sumber pemulihan yang sejati, seperti yang diungkapkan oleh Daud dalam Mazmur 147: 3, “Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka…”

Tuhan sendiri akan bekerja dengan cara-Nya untuk mendatangkan kesembuhan atas hidup Anda, asalkan Anda bersedia mengikuti 7 tahap melalui proses menyembuhkan luka ini.

1. Undang Tuhan Yesus bekerja atas luka-luka yang Anda alami.

Keinginan yang kuat untuk sembuh membutuhkan keterlibatan Tuhan atas pikiran dan hati. Jadi, mulailah dengan mengandalkan kuasa Tuhan bekerja atas luka-luka yang Anda alami.

 

Baca Juga: Berikan Dukungan Rohani Bagi Mereka yang Terluka Lewat 3 Cara Ini

 

2. Akui kuasa Tuhan sanggup menyembuhkan Anda.

Tuhan bertindak ketika kita mau mengandalkan Dia. Karena itu kita perlu mengakui kuasa-Nya dengan hati, pikiran dan perkataan kita. Kepercayaan inilah yang disebut dengan iman dan Tuhan akan dengan senang hati berkarya sesuai dengan iman kita.

 

3. Mengasihi seperti Tuhan mengasihi kita.

Tuhan mau kita merasakan kasih-Nya yang tak terbatas. Kita mungkin terluka karena tindakan orang lain. Tapi Tuhan tidak akan pernah melakukan tindakan yang melukai hati kita. Karena itulah, Dia mau kita bisa merasakan kasih-Nya sehingga kita dengan mudah mengampuni orang lain, karena kita tahu mereka tidak sempurna. Dengan menyadari itu, kita bisa belajar untuk mengampuni dan mengasihi orang lain sama seperti Tuhan sendiri telah mengasihi kita.

“Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu...Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” (Matius 22: 37 & 39)

 

Baca Juga: Kepahitanku ke Papa Buat Aku Merasa Tak Berharga – Yerlina Waruwu

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

4. Buat jurnal tentang kebenaran firman Tuhan yang Anda dapatkan setiap hari.

Saat melalui proses menyembuhkan luka, Tuhan pasti akan berbicara melalui apapun khususnya melalui firman kebenaran-Nya. Jadi, buatlah jurnal setiap hari tentang bagaimana Tuhan berbicara kepada Anda. Apakah itu tentang cara pandang Anda menyikapi tindakan orang atau tentang apa yang Tuhan mau Anda lakukan untuk melalui segala rasa sakit yang Anda alami. 

Tuhan pasti punya tujuan ketika Dia membagikan dan meminta Anda melakukan sesuatu. Jadi ikutilah prosesnya.

 

Baca Juga: Luka Masa Lalu yang Merusak Kepercayaan

 

5. Cari bantuan untuk menangani luka yang Anda alami, jika kondisinya tidak bisa Anda tangani sendirian.

Sekalipun kita percaya kalau Tuhan bisa menyembuhkan kita, tetapi terkadang Tuhan juga bisa memakai orang lain sebagai perpanjangan tangan-Nya di dalam proses penyembuhan kita. 

Jika kondisi Anda memang sudah cukup parah, segeralah mencari pertolongan dari ahli psikiater, pemimpin rohani ataupun konseling. Salah satu yang bisa penulis rekomendasikan adalah Layanan Doa & Konseling Sahabat24. Mereka selalu bersedia melayani Anda selama 24 jam baik untuk dukungan doa maupun membimbing Anda secara rohani. Anda bisa menghubungi layanan ini melalui kontak Whatsapp 0822 1500 2424 atau klik link doa ini: https://bit.ly/InginDidoakan.

“…sepanjang malam ada tangisan, menjelang pagi terdengar sorak-sorai.” (Mazmur 30: 5)

 

6. Lalui rasa sakit itu bersama Tuhan.

Tuhan tidak pernah menjanjikan kehidupan tanpa rasa sakit. Tetapi Dia berjanji untuk menyertai, menghibur dan menguatkan kita di dalam setiap proses luka yang kita alami. 

Jadi, mintalah kekuatan, kesabaran dan kemampuan untuk melalui rasa sakit itu bersama Tuhan.

 

Baca Juga: Berkati Pasanganmu Dengan 5 Ayat Ini Saat Dia Ketahuan Tidak Setia

 

7. Miliki komunitas rohani.

Jangan berlarut-larut di dalam luka. Anda layak bahagia! Jadi, jika selama ini Anda memilih untuk mengurung diri di kamar dan semakin terpuruk dengan luka-luka yang Anda alami. Sudah waktunya untuk keluar dan menemukan komunitas rohani dimana Anda bisa menemukan dukungan dan doa. 

Mintalah Tuhan untuk membawa Anda kepada satu komunitas rohani yang sehat dan bertumbuh.

Yang terakhir dan yang terpenting adalah cobalah untuk berdoa. Anda bisa mengikuti doa di bawah ini jika Anda kesulitan untuk merangkai kata-kata di dalam doa. 

Ucapkanlah doa di bawah ini dengan bersuara dan penuh iman.

Tuhan Yesus, aku mengucap syukur karena Engkau sanggup menyembuhkan luka-lukaku. Saat ini aku meminta kekuatan dari Engkau untuk bekerja di dalam proses pemulihanku. 

Di dalam nama Tuhan Yesus aku perkatakan bahwa hati dan pikiranku yang dirusak telah dipulihkan. Aku mematahkan segala kuasa rasa sakit dan trauma yang mengikat hati dan pikiranku dan melepaskan damai sejahtera. Aku memperkatakan kepada setiap bagian tubuhku: Jadilah utuh di dalam nama Tuhan Yesus. Kembali berfungsi dengan benar, sesuai dengan rancangan Tuhan.

Tuhan, biarkan firman kebenaranMu berbicara atasku hari ini. Roh Kudus, penuhi seluruh hidupku dengan hadirat-Mu. Usir segala hal yang merusak, yang tidak kudus dan jahat daripadaku. Saat ini akum au percaya bahwa kesembuhan dari Engkau sudah terjadi atasku. Terima kasih Tuhan. Amin

Apakah Anda rindu mengenal pelayanan kami lebih dekat? Ikuti kami melalui berbagai platform media sosial kami berikut IG @jawaban.com, Twitter @jawaban dan Facebook Jawaban.com.

Sumber : CBN
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami