Power Nap, Solusi Bagi Anda yang Suka Ngantuk Setelah Makan!

Health / 22 September 2022

Kalangan Sendiri

Power Nap, Solusi Bagi Anda yang Suka Ngantuk Setelah Makan!

Claudia Jessica Official Writer
342

Pernah gak sih, Anda bertanya kenapa kita manusia cenderung mengantuk setelah makan? Apalagi di hari kerja, pasti mengganggu produktivitas ya! Setelah makan siang, rasanya ngantuk seperti tidak bisa terhindarkan dan sudah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari.

Tidak makan bukanlah hal yang tepat untuk mencegah kantuk. Kita tetap butuh makan agar memiliki energi untuk melakukan aktivitas, terutama ketika bekerja. Lantas apa yang harus kita lakukan jika mengantuk setelah makan?

Pertama-tama kita perlu mengetahui, kantuk setelah makan disebabkan oleh makanan yang mengandung tinggi karbohidrat yang mudah dicerna. Terutama jika kita mengkonsumsi nasi dengan lauk yang tinggi protein seperti daging tanpa lemak, daging ayam, telur, ikan, makanan laut, dan lain-lain, menghasilkan zat triptofan yang akan mengirimkan sinyal ke otak kita untuk tidur.

Ada dua cara untuk mencegah dan mengatasi kantuk setelah makan.

 

BACA JUGA: Tidur Berkualitas Bisa Bantu Cegah Penyakit Kronis, Buat Tidur Berkualitas dengan Cara Ini

 

Pertama, cara yang paling sederhana adalah dengan memilih makanan yang mengandung karbohidrat yang lambat untuk dicerna seperti kacang-kacangan, nasi merah, biji-bijian, buah-buahan, dan lain-lain.

Kedua, cara lain untuk mengatasi kantuk setelah makan adalah dengan Power Nap atau tidur siang singkat selama 20-30 menit.

Meski terlihat sebentar, ternyata tidur siang singkat mampu membuat kita menjadi lebih segar, bersemangat, mengembalikan fokus, dan yang terpenting adalah menghilangkan kantuk!

Dilansir dari hellosehat.com, sebuah studi telah menunjukkan bahwa power nap mampu meningkatkan daya ingat, kemampuan kognitif, kreativitas, dan tingkat energi.

Tidur siang singkat ini sangat bermanfaat apabila Anda hendak berkendara di siang hari saat mengantuk. Tidur sejenak mampu menurunkan risiko kecelakaan saat mengemudi.

 

 

BACA JUGA: Hati-hati! Makan Sebelum Tidur Bisa Mengganggu Kesehatan Lho!

 

Perlu diingat, power nap adalah waktu tidur siang yang paling ideal selama 20 sampai 30 menit. Apabila tidur siang lebih dari 30 menit, biasanya dapat membuat Anda merasa uring-uringan dan linglung karena memaksakan diri untuk bangun dari tidur.

Ngantuk setelah makan adalah hal yang wajar terjadi. Namun jika Anda merasa kantuk yang Anda rasakan sudah parah, maka hal tersebut bisa menjadi indikasi bagi Anda untuk segera memperbaiki pola makan.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami