Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, Matius, Penulis Injil Matius Perjanjian Baru
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 21 September 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, Matius, Penulis Injil Matius Perjanjian Baru

Claudia Jessica Official Writer
9255

Rasul Matius atau yang bisa disebutkan juga MattiTyahu, memiliki arti nama “HADIAH DARI TUHAN” dalam Bahasa Yunani diketahui Matthaios adalah seorang Kristen yang hidup pada abad pertama masehi.

Ayah dari Matius ialah Alfeus yang pernah bekerja sebagai seorang kapernaum. Matius dibicarakan dalam tulisan Kristen awal, terutama tiga injil sinoptik. Dia dipercaya sebagai penyusun atau sumber utama dari Injil Matius, salah satu dari empat kitab Injil dalam Alkitab.

Dalam dunia seni, Matius seringkali digambarkan dalam seni Kristen sebagai pria bersayap, menunjuk ke malaikat yang mendiktenya pada saat dia menulis. Tiga lukisan hidupnya digambar oleh caravaggio la coscienza maschile dalam gereja Sain Luigi Dei Francesi di Roma.

 

BACA JUGA: Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, 10 Fakta Tentang Yudas Iskariot Si Pengkhianat

 

Kisah kehidupan Matius

Berawal sebagai pemungut cukai dari Kapernaum, Matius dipanggil dan menjadi salah satu dari kedua belas murid Yesus. Matius diketahui memungut pajak dari orang Yahudi untuk Raja Herodes Antipas. Sebagai seorang pemungut cukai, Matius diyakini fasih berbahasa Aram dan Yunani.

Setelah dipanggil menjadi murid Yesus, Matius mengundang Yesus datang ke rumahnya dalam suatu perjamuan. Melihat itu, para ahli kitab dan orang farisi mengkritik Yesus karena makan bersama pemungut cukai dan orang berdosa.

Berdasarkan tradisi Kristen, Matius mengabarkan injil selama 15 tahun di kalangan masyarakat Yahudi Yudea, dan kemudian berkeliling ke negara lain, termasuk Etiopia, di selatan Laut Kaspia (bukan Ethiopia di Afrika), dan di beberapa wilayah kerajaan Persia dan kerajaan Parthia, Makedonia dan Suriah.

 

Fakta-fakta mengenai Rasul Matius

1. Matius bernama Lewi sebelum dipanggil oleh Yesus. Namun, tidak diketahui apakah Yesus memberi nama Matius atau dia sendiri yang menggantinya, tetapi namanya merupakan kependekan dari Matatias yang artinya pemberian Yahweh, atau pemberian Allah.

2. Walaupun masa lalunya penuh dosa, mati secara unik memenuhi syarat sebagai seorang murid. Dia adalah seorang pencatat yang akurat dan pengamat pribadi yang tajam, bahkan dia bisa menangkap detail yang paling kecil. Sifat-sifat ini sangat menolong dia, ketika menulis kitab Injil Matius sekitar 20 tahun kemudian.

 

BACA JUGA: Riwayat Hidup Murid Yesus yang Terkenal karena Tidak Percaya Kebangkitan Yesus, Tomas

 

3. Menurut tradisi, Matius berkhotbah selama 15 tahun di Yerusalem setelah kematian dan kebangkitan Yesus lalu pergi bekerja di ladang misi ke negara-negara lain. Santo Ireneus mengatakan bahwa Matius memberitakan Injil di antara orang-orang Yahudi. Santo Klemens dari Alexandria menguatkan pernyataan ini.

4. Sebelum bertemu Yesus, Matius adalah orang yang tamak. Ia berpikir uang adalah hal terpenting dalam hidup, dan melanggar hukum-hukum Allah demi memperkaya dirinya sendiri dengan mengorbankan sesama warga negaranya.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami