8 Langkah Supaya Diskusi Alkitab Bareng Komsel Lebih Menarik dan Mendalam
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 16 September 2022

Kalangan Sendiri

8 Langkah Supaya Diskusi Alkitab Bareng Komsel Lebih Menarik dan Mendalam

Lori Official Writer
4772

Saat berkumpul di dalam komsel, kita pasti tergerak untuk berdiskusi lebih banyak tentang firman Tuhan. 

Namun hanya sekadar mendengar atau membaca firman itu sendiri juga tak akan cukup. Untuk itulah diperlukan penggalian firman Tuhan yang lebih mendalam. Nah, supaya diskusi Alkitabnya bisa lebih menarik dan mendalam, cobalah mengikuti 8 langkah berikut:

Langkah 1: Pahami Alkitab melalui cara pandang yang baru.

Setiap orang pasti punya cara pandang yang berbeda dalam menanggapi satu ayat. Jika kalian kebetulan tengah membahas satu perikop Alkitab, cobalah untuk memberikan kesempatan kepada setiap orang yang menjabarkan pandangannya. 

Pendapat yang satu dengan yang lain pasti akan membuat cara pandang kita semakin kaya. Sehingga Anda bisa keluar dari pola pikir Anda yang skeptis.

 

Langkah 2: Biarkan firman Tuhan bekerja di dalam hati setiap anggota komsel.

Firman Tuhan itu hidup dan dinamis. Setiap bagian firman apapun yang sedang digali bersama anggota komsel pasti punya kuasa untuk mengubah. 

Pastinya firman itu akan bekerja secara berbeda di dalam hidup satu sama lain. Sehingga pengalaman setiap orang akan berbeda-beda. Untuk itu, biarkan firman Tuhan bekerja atas setiap anggota dengan cara-Nya sendiri.

 

Baca Juga: 7 Games Seru Ini Bisa Dimainin di Zoom Bareng Komunitas Gerejamu Loh!

 

Langkah 3: Lakukan rekonsiliasi lebih dulu.

Membagikan firman Tuhan itu tidak mudah. Karena kita diperintahkan untuk menjadi saksi atas kebenaran-Nya. Karena itu, akan sangat sulit rasanya membagikan firman Tuhan dan bahkan mendiskusikannya ketika hubungan satu sama lain sedang tidak baik.

Jadikan pertemuan komsel sebagai momen untuk melakukan rekonsiliasi dengan sesama. Minta maaf bila perlu jika ada hal yang salah dan miliki kerendahan hati untuk mau mengampuni satu sama lain.

 

Langkah 4: Biarkan Roh Kudus bekerja di dalam hati Anda.

Membahas Alkitab bersama teman lain di komsel akan membantu memperluas dan memperdalam pemahaman kita. Saat setiap anggota benar-benar memberikan perhatian selama diskusi, biarkan Roh Kudus bekerja atas hati masing-masing.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Langkah 5: Gali sesuatu yang baru dari ayat yang sudah sering didengar.

Kadang saat membahas ayat yang sudah sering kita dengar, kita akan kehilangan ketertarikan. Alih-alih membiarkan anggota komsel bosan, lebih baik mencari cara baru untuk menemukan makna baru dari ayat tersebut.

Misalnya, carilah bahan seperti buku atau tulisan yang membahas ayat tersebut dari sudut pandang yang berbeda. Lalu tanyakan pendapat setiap teman komsel tentang hal itu.

 

Langkah 6: Bahas bagian Alkitab yang banyak mengundang perdebatan.

Tak perlu sungkan untuk membuka diskusi tentang topik-topik yang mengundang perdebatan di dalam Alkitab. Misalnya membahas seputar aborsi, homoseksual dan masalah lain.

Dengan membahas isu-isu ini, setiap anggota pasti akan bersemangat untuk memberikan pandangannya. Kesempatan ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk menggali firman Tuhan lebih mendalam dan memberikan pemahaman mendasar tentang bagaimana menyikapi isu-isu tersebut lewat kaca mata kebenaran firman Tuhan.

 

Baca Juga: Kita Hanya Bisa Merasakan Hal Ini Jika Tergabung Dalam Komunitas Orang Percaya

 

Langkah 7: Bahas Alkitab sembari di sela-sela jamuan makan.

Berdiskusi dan menggali kebenaran firman Tuhan di depan meja kosong tentu saja akan sangat membosankan. Nah, supaya ide dan kreativitas berpikir setiap anggota keluar kenapa tidak menggelar komsel sembari mengadakan jamuan makan.

Tumpukan hidangan menarik di atas meja, akan membuat topik pembahasan Alkitab semakin menarik dan mendalam. Tak akan ada yang mudah tersinggung ketika harus mendengar kebenaran firman Tuhan saat mulut dipenuh dengan makanan. 

 

Langkah 8: Gunakan imajinasi.

Dorong satu sama lain untuk menemukan pandangan baru tentang makna di balik ayat Alkitab yang sedang dibahas. 

Pancing setiap orang untuk mengeksplorasi cara pandang berbeda dari bagian Alkitab yang sedang dibahas bersama melalui imajinasi liar yang mereka punya. Dengan itu, masing-masing akan terlatih untuk membangun cara pandang yang lebih luas dan mendalam terhadap suatu hal.

 

Baca Juga: 25 Ayat Alkitab Tentang Peran Komunitas Dalam Hidup Orang Kristen

 

Komsel adalah tempat yang potensial untuk setiap orang Kristen bertumbuh di dalam Tuhan. Karena itu manfaatkan waktu bertemu dan berkumpul bersama di dalam komsel untuk membahas banyak hal yang belum dipahami seputar kehidupan Kristen dan saling mendorong lewat perhatian dan doa.

Sumber : Crosswalk.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami