Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, 10 Fakta Tentang Yudas Iskariot Si Pengkhianat
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 16 September 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, 10 Fakta Tentang Yudas Iskariot Si Pengkhianat

Claudia Jessica Official Writer
1919

6. Sosok Yudas Iskariot Bukan Penulis Kitab Surat Yudas dalam Perjanjian Baru

Banyak murid Yesus yang menulis kitab-kitab dalam Perjanjian Baru. Namun perlu Anda ketahui bahwa Yudas Iskariot berbeda dengan Yudas yang menulis Kitab surat Yudas. Penulis surat Yudas ialah Yudas, saudara Yakobus (Yudas 1:1).

 

7. Ciuman Yudas

Yudas Iskariot mengidentifikasikan Yesus yang hendak ditangkap oleh para prajurit dengan cara menciumnya (Matius 20:48-49).

Kejadian itu dikenal sebagai ciuman Yudas yang terjadi di Taman Getsemani setelah Perjamuan Terakhir. Ciuman Yudas sampai saat ini menjadi simbol pengkhianatan bahkan banyak seniman menyematkan hal ini dalam lagu dan film mereka.

 

BACA JUGA: Dari 12 Murid Yesus, Kamu Lebih Mirip Siapa Sih? Yuk Periksa di Sini…

 

8. Menjual Yesus Seharga 30 Keping Perak

30 Keping perak adalah bayaran yang diterima oleh Yudas Iskariot ketika ia mengkhianati Yesus (Matius 26:15). Uang itu ia peroleh dari imam-imam kepala yang membenci Yesus.

Setelah menjual Yesus, Yudas menyesal dan mengembalikan uang tersebut kepada para imam kepala. Kemudian Imam kepala menggunakan uang tersebut untuk membeli sebidang tanah yang kemudian disebut Tanah Darah (Kis. 27: 7-8).

 

9. Yudas merupakan Tokoh yang Kontroversial

Sepanjang sejarah gereja, Yudas Iskariot telah menjadi tokoh kontroversial. Sebagian orang menganggap Yudas Iskariot sebagai pengkhianat karena telah menjual Yesus, dan sebagian lagi menganggapnya pahlawan karena pengkhianatan yang dilakukannya telah membuat Yesus mati dikayu salib, yang kita tahu peristiwa tersebut mendatangkan penebusan bagi manusia.

 

10. Kematian Tragis Yudas Iskariot

Cerita mengenai kematian Yudas Iskariot sangat mengerikan. Setelah Yudas menjual Yesus, ia sangat menyesali perbuatannya, tetapi tidak bertobat. Yudas melampiaskan penyesalannya dengan cara gantung diri (Matius 27:5).

 

BACA JUGA: 7 Tokoh Alkitab yang Memilih Bunuh Diri, Ngeri!

 

Setelah itu tubuhnya terlepas dari tiang gantungan, jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah hingga isi perutnya berceceran keluar (Kis. 1: 18-19).

Itulah fakta-fakta menarik dari Yudas Iskariot. Saksikan video fakta Alkitab, riwayat hidup murid Yesus, Yudas Iskariot di bawah ini:

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami