Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, 10 Fakta Tentang Yudas Iskariot Si Pengkhianat
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 16 September 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, 10 Fakta Tentang Yudas Iskariot Si Pengkhianat

Claudia Jessica Official Writer
9818

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama salah satu murid Yesus, yaitu Yudas Iskariot? Kebanyakan orang mengenal Yudas Iskariot sebagai murid yang mengkhianati Yesus. Namun ternyata, ada banyak fakta menarik dari Yudas Iskariot lho!

 

1. Arti Nama Yudas Iskariot

Dalam Bahasa Ibrani, nama Yudas Iskariot disebut Yehudah Iskariyot, dan dalam Bahasa Yunani disebut Iodas, anak Simon Iskariot (Yohanes 6:71). Nama Yudas memiliki tiga arti berbeda, pertama orang yang berasal dari daerah Keriot. Kedua, Orang Sika atau pembawa belati, yang merupakan sebuah sekte Yahudi yang fanatik. Ketiga, diambil dari bahasa Aram, yaitu orang yang hidup berpura-pura atau pengkhianat.

 

BACA JUGA: Riwayat Hidup Murid Yesus yang Terkenal karena Tidak Percaya Kebangkitan Yesus, Tomas

 

2. Asal Yudas Iskariot

Yudas Iskariot berasal dari Keriot, sebuah kota yang terletak di sebelah selatan Yudea. Yudas adalah satu-satunya murid Yesus yang tidak berasal dari Galilea.

 

3. Yudas Merupakan Salah Satu dari Murid Utama Tuhan Yesus

Murid-murid Yesus terbagi dalam beberapa kelompok, seperti kumpulan 120 murid (Kis. 1:15),  70 murid (Lukas 10:1), dan 12 murid utama (Lukas 6:13) yang merupakan para rasul. Yudas menjadi salah satu dari 12 murid utama tersebut. Yudas mempunyai hak yang luar biasa sebagai murid atau rasul Tuhan sehingga ia mendapatkan pengajaran-pengajaran yang penting dan luar biasa, langsung dari Tuhan Yesus sendiri.

 

BACA JUGA: Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, Filipus yang Makamnya Ditemukan di Turki

 

4. Hidup Bersama Tuhan Yesus Selama Tiga Tahun Lebih

Yudas melakukan pelayanan dan hidup bersama dengan Yesus selama tiga tahun lebih. Itu berarti, Yudas mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung mukjizat yang Yesus kerjakan.

Yudas melihat secara langsung kuasa Allah yang terjadi di dalam pelayanan Yesus dan ia juga melihat nubuat-nubuat Yesus tergenapi secara langsung.

 

5. Murid yang Dipercayakan Sebagai Bendahara

Selain menjadi bagian dari 12 Rasul atau murid Yesus, Yudas juga dipercayakan tugas pelayanan yang sangat strategis dengan menjadi bendahara (Yohanes 13:29). Namun lagi-lagi Alkitab mencatat Yudas justru jatuh gara-gara hatinya terikat pada mamon. Ia sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya (Yohanes 12:6).

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

6. Sosok Yudas Iskariot Bukan Penulis Kitab Surat Yudas dalam Perjanjian Baru

Banyak murid Yesus yang menulis kitab-kitab dalam Perjanjian Baru. Namun perlu Anda ketahui bahwa Yudas Iskariot berbeda dengan Yudas yang menulis Kitab surat Yudas. Penulis surat Yudas ialah Yudas, saudara Yakobus (Yudas 1:1).

 

7. Ciuman Yudas

Yudas Iskariot mengidentifikasikan Yesus yang hendak ditangkap oleh para prajurit dengan cara menciumnya (Matius 20:48-49).

Kejadian itu dikenal sebagai ciuman Yudas yang terjadi di Taman Getsemani setelah Perjamuan Terakhir. Ciuman Yudas sampai saat ini menjadi simbol pengkhianatan bahkan banyak seniman menyematkan hal ini dalam lagu dan film mereka.

 

BACA JUGA: Dari 12 Murid Yesus, Kamu Lebih Mirip Siapa Sih? Yuk Periksa di Sini…

 

8. Menjual Yesus Seharga 30 Keping Perak

30 Keping perak adalah bayaran yang diterima oleh Yudas Iskariot ketika ia mengkhianati Yesus (Matius 26:15). Uang itu ia peroleh dari imam-imam kepala yang membenci Yesus.

Setelah menjual Yesus, Yudas menyesal dan mengembalikan uang tersebut kepada para imam kepala. Kemudian Imam kepala menggunakan uang tersebut untuk membeli sebidang tanah yang kemudian disebut Tanah Darah (Kis. 27: 7-8).

 

9. Yudas merupakan Tokoh yang Kontroversial

Sepanjang sejarah gereja, Yudas Iskariot telah menjadi tokoh kontroversial. Sebagian orang menganggap Yudas Iskariot sebagai pengkhianat karena telah menjual Yesus, dan sebagian lagi menganggapnya pahlawan karena pengkhianatan yang dilakukannya telah membuat Yesus mati dikayu salib, yang kita tahu peristiwa tersebut mendatangkan penebusan bagi manusia.

 

10. Kematian Tragis Yudas Iskariot

Cerita mengenai kematian Yudas Iskariot sangat mengerikan. Setelah Yudas menjual Yesus, ia sangat menyesali perbuatannya, tetapi tidak bertobat. Yudas melampiaskan penyesalannya dengan cara gantung diri (Matius 27:5).

 

BACA JUGA: 7 Tokoh Alkitab yang Memilih Bunuh Diri, Ngeri!

 

Setelah itu tubuhnya terlepas dari tiang gantungan, jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah hingga isi perutnya berceceran keluar (Kis. 1: 18-19).

Itulah fakta-fakta menarik dari Yudas Iskariot. Saksikan video fakta Alkitab, riwayat hidup murid Yesus, Yudas Iskariot di bawah ini:

Sumber : jawaban channel
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami