Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, 10 Fakta Tentang Yudas Iskariot Si Pengkhianat

Fakta Alkitab / 16 September 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, 10 Fakta Tentang Yudas Iskariot Si Pengkhianat

Claudia Jessica Official Writer
1353

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama salah satu murid Yesus, yaitu Yudas Iskariot? Kebanyakan orang mengenal Yudas Iskariot sebagai murid yang mengkhianati Yesus. Namun ternyata, ada banyak fakta menarik dari Yudas Iskariot lho!

 

1. Arti Nama Yudas Iskariot

Dalam Bahasa Ibrani, nama Yudas Iskariot disebut Yehudah Iskariyot, dan dalam Bahasa Yunani disebut Iodas, anak Simon Iskariot (Yohanes 6:71). Nama Yudas memiliki tiga arti berbeda, pertama orang yang berasal dari daerah Keriot. Kedua, Orang Sika atau pembawa belati, yang merupakan sebuah sekte Yahudi yang fanatik. Ketiga, diambil dari bahasa Aram, yaitu orang yang hidup berpura-pura atau pengkhianat.

 

BACA JUGA: Riwayat Hidup Murid Yesus yang Terkenal karena Tidak Percaya Kebangkitan Yesus, Tomas

 

2. Asal Yudas Iskariot

Yudas Iskariot berasal dari Keriot, sebuah kota yang terletak di sebelah selatan Yudea. Yudas adalah satu-satunya murid Yesus yang tidak berasal dari Galilea.

 

3. Yudas Merupakan Salah Satu dari Murid Utama Tuhan Yesus

Murid-murid Yesus terbagi dalam beberapa kelompok, seperti kumpulan 120 murid (Kis. 1:15),  70 murid (Lukas 10:1), dan 12 murid utama (Lukas 6:13) yang merupakan para rasul. Yudas menjadi salah satu dari 12 murid utama tersebut. Yudas mempunyai hak yang luar biasa sebagai murid atau rasul Tuhan sehingga ia mendapatkan pengajaran-pengajaran yang penting dan luar biasa, langsung dari Tuhan Yesus sendiri.

 

BACA JUGA: Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, Filipus yang Makamnya Ditemukan di Turki

 

4. Hidup Bersama Tuhan Yesus Selama Tiga Tahun Lebih

Yudas melakukan pelayanan dan hidup bersama dengan Yesus selama tiga tahun lebih. Itu berarti, Yudas mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung mukjizat yang Yesus kerjakan.

Yudas melihat secara langsung kuasa Allah yang terjadi di dalam pelayanan Yesus dan ia juga melihat nubuat-nubuat Yesus tergenapi secara langsung.

 

5. Murid yang Dipercayakan Sebagai Bendahara

Selain menjadi bagian dari 12 Rasul atau murid Yesus, Yudas juga dipercayakan tugas pelayanan yang sangat strategis dengan menjadi bendahara (Yohanes 13:29). Namun lagi-lagi Alkitab mencatat Yudas justru jatuh gara-gara hatinya terikat pada mamon. Ia sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya (Yohanes 12:6).

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami