Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, 11 Fakta Kehidupan Yohanes
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 2 September 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, 11 Fakta Kehidupan Yohanes

Claudia Jessica Official Writer
4117

Yohanes dalam bahasa Yunani disebut Ιωάννης (Ioannes) memiliki Tuhan adalah pemurah. Ia adalah putra Zebedeus dan ibunya bernama Salome. Yohanes adalah adik kandung dari Rasul Yakobus.

11 fakta bersejarah tentang Yohanes

1. Yohanes adalah anak-anak guruh

Sama seperti Yakobus, Yohanes disebut Boanerges atau anak-anak buruh yang berarti berwatak keras dan kasar. Kampung halaman Yohanes adalah Kapernaum, sebuah kota nelayan di Galilea.

2. Mantan murid Yohanes pembaptis

Sebelum menjadi murid Yesus bersama Yakobus, Yohanes adalah murid Yohanes Pembaptis sebelum dipilih menjadi murid Yesus.

3. Saksi hidup peristiwa penting

Yohanes adalah salah satu murid inti dari tiga murid yang menyaksikan peristiwa-peristiwa penting dalam pelayanan Yesus. Di antaranya adalah ketika Yesus membangkitkan anak Yairus dari kematian, diajak Yesus ke atas bukit dalam peristiwa transfigurasi (Matius 17:1). Yohanes terkenal sebagai murid yang setia kepada Yesus, namun bersama dengan Petrus dan Yakobus, Yohanes gagal berjaga-jaga dan melindungi Yesus di taman Getsemani pada saat genting dalam pelayanan Yesus hingga Yesus ditangkap.

4. Penulis 5 kitab Perjanjian Baru

Tradisi Kristen mengidentifikasikan Yohanes sebagai penulis dari lima kitab perjanjian baru yaitu Injil Yohanes, Kitab 1 Yohanes, Kitab 2 Yohanes, Kitab 3 Yohanes dan yang terakhir adalah Kitab Wahyu.

5. Murid yang dikasihi Yesus

Yohanes terkenal karena iman dan kesetiaannya kepada Yesus. Dia adalah satu-satunya dari 12 murid yang menyatakan dirinya sebagai murid yang dikasihi Yesus. Ini adalah wujud ekspresi iman yang tidak berlebihan dari Yohanes karena ia mengalami transformasi yang luar biasa sejak menjadi murid Yesus.

Dari seorang yang dijuluki “Putra Guntur” yang pemarah menjadi seorang rasul yang penuh cinta kasih karena mengalami kasih tanpa syarat dari Yesus secara langsung. Semua hal itu dituangkan dalam Injil dan surat-surat tulisannya di Perjanjian Baru.

6. Berani mengajukan pertanyaan penting

Yohanes berani mengajukan pertanyaan kepada Yesus tentang siapa yang akan menyerahkan Yesus saat perjamuan terakhir.

7. Mengikuti Yesus di malam penyaliban

Yohanes dan Petrus adalah 2 dari 12 rasul yang terus mengikuti Yesus dalam situasi genting sebelum Yesus disalib. Yohanes hadir di rumah imam besar selama pengadilan Yesus.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

8. Bersama Yesus sampai akhir di Golgota

Bersama para wanita saleh lainnya, Yohanes adalah satu-satunya murid pria yang berdiri hingga akhir kematian Yesus di samping kayu salib di atas bukit tengkorak.

9. Dipercayai Yesus merawat ibunya

Yesus menitipkan perawatan Maria, Ibu Yesus sesaat sebelum kematiannya di kayu salib kepada Yohanes.

10 Menjadi pelopor pemberita Injil

Setelah kebangkitan Yesus, Yohanes dan Petrus adalah murid yang berlari pertama untuk menuju kubur Yesus, dan Yohanes adalah murid pertama yang percaya bahwa Yesus benar-benar telah bangkit. Setelah kenaikan Yesus dan turunnya Roh Kudus, Yohanes adalah pelopor pembawa berita Injil yang mengajak Petrus untuk memberitakan Injil di Yerusalem tanpa rasa takut dan menderita pemukulan serta hukuman penjara. Yohanes bersama Petrus juga mengunjungi orang-orang yang baru bertobat di Samaria.

Para sejarawan mengasumsikan bahwa Yohanes dengan berani dan setia selama 12 tahun merintis dan memberikan banyak orang hingga penganiayaan Herodes Agripa I menyebabkan perpindahan para rasul melalui berbagai provinsi di kekaisaran Romawi.

11. Mati dalam damai

Bagaimana kisah akhir hidup Yohanes? Kita tahu bahwa Rasul Yohanes diasingkan karena imannya di akhir kehidupan. Alkitab tidak memberi kita perincian tentang bagaimana Rasul Yohanes mati, tetapi tradisi memberikan beberapa teori.

Teori kematian Yohanes yang paling masuk akal menyatakan bahwa Yohanes ditangkap di Efesus dan menghadapi kemartiran ketika para pembenci dan tentara Roma melemparkannya ke dalam baskom berisi minyak yang mendidih. Namun menurut tradisi, Yohanes secara ajaib dibebaskan dari kematian.

Pihak berwenang kemudian memvonis Yohanes untuk dijadikan budak buruh di tambang batubara di pulau Patmos. Di pulau bagian selatan Laut Aegea inilah Yohanes diberi Wahyu dan penglihatan tentang Yesus Kristus dan menuliskannya menjadi Kitab Wahyu.

Rasul Yohanes kemudian dibebaskan mungkin karena usia tua dan kembali ke Selcuk, di provinsi Izmir yang sekarang bernama Turki. Yohanes meninggal sekitar tahun 98 masehi, dan dia adalah satu-satunya rasul yang meninggal dengan damai.

 

Sumber : jawaban channel
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami