Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, 11 Fakta Kehidupan Yohanes
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 2 September 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, 11 Fakta Kehidupan Yohanes

Claudia Jessica Official Writer
4294

8. Bersama Yesus sampai akhir di Golgota

Bersama para wanita saleh lainnya, Yohanes adalah satu-satunya murid pria yang berdiri hingga akhir kematian Yesus di samping kayu salib di atas bukit tengkorak.

9. Dipercayai Yesus merawat ibunya

Yesus menitipkan perawatan Maria, Ibu Yesus sesaat sebelum kematiannya di kayu salib kepada Yohanes.

10 Menjadi pelopor pemberita Injil

Setelah kebangkitan Yesus, Yohanes dan Petrus adalah murid yang berlari pertama untuk menuju kubur Yesus, dan Yohanes adalah murid pertama yang percaya bahwa Yesus benar-benar telah bangkit. Setelah kenaikan Yesus dan turunnya Roh Kudus, Yohanes adalah pelopor pembawa berita Injil yang mengajak Petrus untuk memberitakan Injil di Yerusalem tanpa rasa takut dan menderita pemukulan serta hukuman penjara. Yohanes bersama Petrus juga mengunjungi orang-orang yang baru bertobat di Samaria.

Para sejarawan mengasumsikan bahwa Yohanes dengan berani dan setia selama 12 tahun merintis dan memberikan banyak orang hingga penganiayaan Herodes Agripa I menyebabkan perpindahan para rasul melalui berbagai provinsi di kekaisaran Romawi.

11. Mati dalam damai

Bagaimana kisah akhir hidup Yohanes? Kita tahu bahwa Rasul Yohanes diasingkan karena imannya di akhir kehidupan. Alkitab tidak memberi kita perincian tentang bagaimana Rasul Yohanes mati, tetapi tradisi memberikan beberapa teori.

Teori kematian Yohanes yang paling masuk akal menyatakan bahwa Yohanes ditangkap di Efesus dan menghadapi kemartiran ketika para pembenci dan tentara Roma melemparkannya ke dalam baskom berisi minyak yang mendidih. Namun menurut tradisi, Yohanes secara ajaib dibebaskan dari kematian.

Pihak berwenang kemudian memvonis Yohanes untuk dijadikan budak buruh di tambang batubara di pulau Patmos. Di pulau bagian selatan Laut Aegea inilah Yohanes diberi Wahyu dan penglihatan tentang Yesus Kristus dan menuliskannya menjadi Kitab Wahyu.

Rasul Yohanes kemudian dibebaskan mungkin karena usia tua dan kembali ke Selcuk, di provinsi Izmir yang sekarang bernama Turki. Yohanes meninggal sekitar tahun 98 masehi, dan dia adalah satu-satunya rasul yang meninggal dengan damai.

 

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami