Gantikan Peran Istri, Salah Gak Sih Jadi Ayah Rumah Tangga?

Relationship / 11 August 2022

Kalangan Sendiri

Gantikan Peran Istri, Salah Gak Sih Jadi Ayah Rumah Tangga?

Lori Official Writer
557

Masyarakat pada umumnya masih berpegang teguh dengan pemikiran bahwa semua urusan rumah tangga adalah bagian tugas istri. Jadi sangat lazim jika istri tinggal di rumah tanpa harus bekerja dan mengurus segala sesuatunya, termasuk anak.

Istri menjadi centra dalam pengasuhan dan pengelolaan rumah tangga. Tentu saja ini persis sama dengan peran wanita seperti yang dituliskan di Amsal 31. 

Sementara sosok suami, dianggap tidak identik dengan mengasuh anak, mengajar dan mempersiapkan rencana makan untuk keluarga. Suami dikenal identik dengan bekerja dan mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Meskipun peran ini dianggap sudah sangat ideal. Namun pada kenyataannya, kondisi setiap pasangan berbeda-beda. Ada ayah memilih tinggal di rumah karena pekerjaannya memungkinkan untuk dikerjakan dari rumah. Ada juga yang mungkin karena secara tingkat karir, istri jauh lebih unggul dibandingkan suami. Sehingga salah satunya harus berkorban dan ayah memilih tinggal di rumah.

 

Baca Juga: 5 Manfaat Suami Bantu Bersih-bersih dan Jaga Anak di Rumah

 

Apakah peran ayah rumah tangga dianggap salah? 

Mari membahas hal ini dari 3 pandangan ini.

1. Jadi ayah rumah tangga tidak mengurangi nilai suami sebagai kepala rumah tangga

Seorang suami memang punya peran sebagai pemimpin keluarga. Menjadi pemimpin dalam hal ini berkaitan dengan pemenuhan ekonomi rumah tangga. 

Tetapi jika kita perhatikan kembali dari Amsal 31, di sana seorang wanita juga disebutkan memiliki nilai yang bahkan sama seperti laki-laki. Mereka menjadi pebisnis dan mengelola rumah tangganya. Jadi mengacu kepada pasal ini, kepemimpinan di dalam rumah tangga tidak seharusnya ditentukan dari siapa yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan. Sekalipun suami harus menjadi ayah rumah tangga, dia tetap berperan sebagai kepala rumah tangga.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Crosswalk.com | Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami