5 Simbol yang Identik Dengan Orang Kristen

Kata Alkitab / 5 August 2022

Kalangan Sendiri

5 Simbol yang Identik Dengan Orang Kristen

Lori Official Writer
706

Setelah air bah surut, Nuh mengeluarkan seekor burung merpati dari bahtera. Dan ranting zaitun yang genggam oleh merpati melambangkan kedamaian dari Perjanjian Baru Tuhan bagi manusia, yaitu tak lagi membuat kehancuran karena dosa dan sebagai gantinya dia menganugerahkan kita Yesus.

 

3. Ikan

Gereja mula-mula memakai simbol ikan yang disebut dengan Ichthys sebagai bentuk persekutuan satu sama lain. Karena banyak orang Kristen yang dianiaya saat itu, maka mereka harus memakai lambang tersebut secara diam-diam. 

Ichthys berasal dari bahasa Yunani kuno yang diartikan dengan ‘ikan’ dan hal itu membentuk akronim ‘Yesus Kristus, Putra Allah dan Juruslamat’. Simbol ikan juga digambarkan dengan garis besar ikan dengan dua busur yang berpotongan.

Yesus menggunakan simbol ikan saat pertama kali memuridkan. Saat mereka sedang memancing di danau, Yesus memanggil mereka.

“Mari, ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.” (Markus 1: 17)

Alkitab sering menyebutkan ikan, yang merupakan makanan pokok bagi orang-orang di zaman Alkitab. Saat Yesus secara ajaib melipatgandakan makanan untuk memberi makan ribuan orang yang mendengar pengajaran-Nya, Dia hanya mengubah beberapa ikan dan roti menjadi makanan yang melimpah.

“Lalu disuruh-Nya orang banyak itu duduk di rumput. Dan setelah diambil-Nya lima roti dan dua ikan itu, Yesus menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya membagi-bagikannya kepada orang banyak.” (Matius 14: 19)

 

4. Lilin

Lilin adalah simbol harapan dan pencerahan spiritual di zaman kuno. Dalam banyak agama, termasuk Kristen, cahaya melambangkan kehadiran Tuhan, yang membawa harapan dan pemcerahan beijaksanaan. 

Alkitab memberi tahu kita dalam 1 Yohanes 1: 5 bahwa Allah adalah terang dan 1 Yohanes 1: 5-7 mendorong kita untuk berjalan di dalam terang dengan Allah. 

“Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan. Jika kita katakan, bahwa kita beroleh persekutuan dengan Dia, namun kita hidup di dalam kegelapan, kita berdusta dan kita tidak melakukan kebenaran. Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa.”

Bagi orang Kristen, lilin juga dianggap sebagai simbol dari karya Yesus yang memberi harapan dan pencerahan kepada dunia. Yesus melayani sebagai cahaya tertinggi di dunia kita dan Dia memanggil kita untuk bergabung membawa terang-Nya ke dalam kegelapan dunia ini. 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Crosswalk.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami