5 Simbol yang Identik Dengan Orang Kristen

Kata Alkitab / 5 August 2022

Kalangan Sendiri

5 Simbol yang Identik Dengan Orang Kristen

Lori Official Writer
405

Kekristenan identik dengan beragam simbol yang dipakai orang Kristen, dipasang di gereja maupun digunakan saat ibadah. Selama berabad-abad lamanya, orang Kristen sering menggunakan simbol yang tidak diketahui secara luas, untuk mencegah terjadinya penganiayaan dari ara pembenci Kristen. 

Setelah zaman kekaisaran Romawi melegalkan agama Kristen di abad ke-4, simbol-simbol Kristen mulai dipakai atau digunakan dengan bebas. Karena itulah hingga saat ini orang Kristen tak lagi enggan untuk menampilkan jati diri mereka melalui simbol agama yang mereka kenakan. 

Dipercaya bahwa simbol bermanfaat untuk mengkomunikasikan konsep spiritual yang signifikan dengan cara yang sederhana. Melalui simbol ini, kita bisa dengan cepat mengarahkan perhatian kita pada aspek iman kita. Simbol keagamaan yang kita gunakan ini pula yang menggambarkan tentang konsep spiritualitas dengan beragam makna yang mendalam.

Berikut 5 simbol yang identik dengan orang Kristen:

1. Salib

Salib memiliki struktur berbentuk garis vertical dan horizontal, dimana hal ini identik dengan karya pengorbanan Yesus di kayu salib. 

Salib bisa terbuat dari berbagai jenis bahan, namun biasanya terbuat dari kayu. Salib juga menampilkan sosok yang menggambarkan Yesus di atas Salib.

Gereja-gereja sering kali memasang salib berukuran besar baik di dalam maupun di luar gedung mereka. Sementara keluarga-keluarga Kristen kerap kali memasang salib di dalam rumah atau mengenakannya sebagai hiasan dan dekorasi mobil. 

Salib menjadi simbol Kristen yang paling identik. Karena mewakili pengorbanan Yesus di kayu salib atas dosa manusia. Seperti tertulis dalam Yohanes 3: 16-17, “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.”

Salib mengingatkan kita akan anugerah tertinggi yang Tuhan berikan kepada kita melalui karya penyaliban-Nya, dengan membuka jalan bagi manusia berdosa untuk memulihkan hubungan dengan Tuhan. 

Siapapun yang mengenakan salib berarti mereka adalah para pengikut Kristus. Hal ini diungkapkan di dalam Matius 16: 24, “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.”

 

2. Merpati

Simbol merpati di dalam Kristen menggambarkan kemurnian. Di Lukas 3: 21-22 disampaikan bahwa burung merpati dilambangkan sebagai sosok Roh Kudus yang hingga di atas Yesus saat dibaptis di Sungai Yordan. 

“Ketika seluruh orang banyak itu telah dibaptis dan ketika Yesus juga dibaptis dan sedang berdoa, terbukalah langit dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah suara dari langit: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.”  

Selain itu, burung merpati juga melambangkan kedamaian di dalam Kristen. Hal ini bisa kita lihat lewat kisah air bah yang terjadi di zaman Nuh. 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Crosswalk.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami