Baru Juga Gajian, Uang Sudah Habis Gatau Kemana? Perbaiki Keuanganmu Sekarang Juga!
Sumber: canva.com

Finance / 3 August 2022

Kalangan Sendiri

Baru Juga Gajian, Uang Sudah Habis Gatau Kemana? Perbaiki Keuanganmu Sekarang Juga!

Claudia Jessica Official Writer
4831

Baru juga gajian, tapi kok uang udah habis gatau kemana ya? Anak muda maupun orang tua pasti pernah mengalami hal seperti ini.

Banyak orang sulit merdeka finansial karena berbagai alasan, salah satunya adalah kondisi keuangan yang tidak terkontrol. Masalah ini gak selalu disebabkan oleh pendapatan yang kecil, tapi karena kita tidak mampu mengelolanya dengan baik.

Sudah 2020 nih JCers, apa masih mau stuck dengan masalah ini? Masih ada kesempatan untuk memperbaiki kondisi keuangan kamu kok. Kalau ga dimulai dari sekarang, kapan lagi?

Nah berikut ini cara memperbaiki kondisi keuangan versi jawaban.com yang bisa kamu coba nih!

 

1.  Lacak Pengeluaran Selama Satu Bulan Terakhir

Kunci untuk mengetahui masalah kemana uangmu pergi adalah dengan menganalisa kemana uangmu pergi selama sebulan terakhir. Catat semua pengeluaran kamu dan buat kategori pengeluaran apa yang kamu perlukan selama sebulan, misalnya biaya transportasi, makan, listrik, sewa tempat tinggal (jika ngontrak atau kost), perpuluhan, dll. Diakhir bulan, hitunglah berapa banyak uang yang kamu habiskan untuk katergori-ketegori tersebut.

 

2.  Susun Anggaran

Sudah tahu kemana perginya uangmu selama sebulan terakhir? Langkah selanjutnya adalah menyusun anggaran. Berdasarkan kategori yang telah dibuat tadi, kamu bisa mulai lakukan post-to-post dibulan berikutnya supaya pengeluaran kamu semakin terkontrol. Oh iya, kamu juga bisa memberi batasan uang jajan untuk setiap bulannya supaya bisa menyimpan uang lebih banyak uang lagi.

 

BACA JUGA: Teruntuk Kamu Yang Boros. 5 Alasan ini Akan Bikin Kamu Hemat dan Semangat Menabung!

 

3.  Bayar Hutang

Hutang, terutama yang berbunga adalah penyebab buruknya keuanganmu. Kalau sudah terlanjur berhutang, mulailaih cicil sedikit demi sedikit. Jangan coba-coba untuk berhutang lagi karena hutang bisa membuat pengeluaranmu jadi tidak terkontrol.

 

4.  Pisahkan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Melihat diskon bikin kamu tergiur buat belanja? Atau mungkin juga jajan? Tahu gak sih JCers, sadar atau tidak diskon ini sudah jadi penggoda untuk keuanganmu? Misalnya kamu beli baju karena ada diskon besar padahal sebenarnya kamu lagi gak butuh-butuh banget. Ayo lebih bijak dan dipilah lagi soal diskon seperti ini dan prioritaskan kebutuhanmu diatas keinginan ya. Kalau kamu belanja kebutuhan kamu saat diskon, itu bisa lebih baik.

 

5.  Tetapkan Prioritas Keuangan

Prioritas keungan ini bisa bermacam-macam. Misalnya saja kamu bisa memprioritaskan uang kamu untuk membayar hutang terlebih dahulu atau bisa juga untuk membayar tagihan, menabung atau yang lainnya. Kelihatannya sih sederhana, tapi kamu tau gak, dengan cara ini kamu bisa jadi lebih bijak saat mengeluarkan uangmu.

 

BACA JUGA: 4 Cara Jitu Dikala Uang Mencekak dan Tetap Percaya Pada Allah

 

6.  Cari Penghasilan Tambahan

Di jaman serba mudah ini, ada banyak peluang untuk menambah pemasukan kamu JCers. Dengan mudahnya teknologi saat ini, banyak banget perkerjaan sambilan yang bisa kamu lakuin. Misalnya aja jualan barang melalui online atau e-commerce, jadi penulis freelancer atau mungkin kamu juga bisa menawarkan jasa seperti mengedit video. Dengan penghasilan tambahan ini kamu bisa bayar hutang lebih cepat atau mungkin juga menabung lebih banyak.

Dalam Amsal 12: 16a dikatakan bahwa orang bijak tidak melakukan tindakan bodoh. Semoga di awal tahun ini kamu sudah mulai bisa mengatur keuanganmu dengan lebih bijak ya. Atau kamu punya cara mengatur keuangan versi kamu sendiri? Bisa share dong di kolom komen, dan selamat mencoba!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami