Bagaimana Cara Supaya Orang Kristen Bisa Mengalami Kesembuhan dari Tuhan?

Kata Alkitab / 29 July 2022

Kalangan Sendiri

Bagaimana Cara Supaya Orang Kristen Bisa Mengalami Kesembuhan dari Tuhan?

Lori Official Writer
797

Alkitab menyampaikan bahwa Tuhan memiliki karakter natural sebagai penyembuh. Tubuh manusia adalah karya ciptaan-Nya yang baik. 

Namun walaupun pada akhirnya kita akan mengalami kematian dan kehidupan kekal, apakah Tuhan masih menginginkan kita sembuh dari penyakit tertentu selama hidup di dunia?

Lalu mengapa Tuhan seolah menyembuhkan beberapa orang tetapi tidak menyembuhkan yang lain? Bagaimana seharusnya kita meminta kesembuhan dari Tuhan?

Tuhan menciptakan manusia dari debu tanah (Kejadian 2: 7). 11 sistem tubuh manusia memiliki 37.2 triliun sel. Selama hidup, jantung manusia berdetak lebih dari 2 miliar kali. Enam puluh ribu mil pembuluh darah menompa darah ke seluruh tubuh.

 

Baca Juga: Kanker Payudaraku Disembuhkan Oleh Tuhan Yesus

 

Ada 240 triliun sel yang terkoneksi ke 100 miliar sel otak. Tuhan sendiri yang menenunnya seluruh sistem tubuh kita bekerja dengan sempurna. Karena itu Ulangan 32: 39 berkata, “Tidak ada Allah kecuali Aku. Akulah yang mematikan dan yang menghidupkan, Aku telah meremukkan, tetapi Akulah yang menyembuhkan, dan seorangpun tidak ada yang dapat melepaskan dari tangan-Ku.”

Yesus sendiri menyembuhkan banyak orang. Dia mengusir roh jahat dari dalam tubuh dan menyembuhkan semua orang sakit yang ditemuiNya (Matius 8: 16).

Yesus juga menunjukkan kuasa penyembuhan-Nya, dimana orang-orang sakit disembuhkan hanya dengan menjamah jubah-Nya saja (Markus 6: 56). Sama halnya dengan seorang wanita yang mengalami pendarahan selama 12 tahun yang seketika sembuh setelah menyentuh jubah Yesus (Lukas 8: 48).

Orang buta dan lumpuh yang Ia temui di jalan, juga mengalami kesembuhan supranatural dari Yesus. Bahkan menariknya, Yesus mampu membangkitkan anak perempuan Yairus yang sudah meninggal (Matius 5: 41).

Menariknya dari setiap kesembuhan yang Yesus lakukan, ada pekerjaan iman yang terjadi. Kesembuhan itu tidak hanya bersumber dari kuasa Tuhan saja, tetapi bagaimana kuasa Tuhan terkoneksi dengan iman yang kita miliki. Iman adalah sesuatu yang membuat kita percaya bahwa otoritas dan kuasa-Nya mampu menghasilkan mukjizat. Tuhan memang punya kuasa, tetapi kita perlu percaya dengan kuasa itu supaya mukjizat terjadi.

 

Baca Juga: Anak Saya Sembuh Dari Kanker, Bukti Mujizat Tuhan Masih Ada – Joe Fie

 

Lalu bagaimana orang percaya di masa ini bisa mengalami kesembuhan dari Tuhan?

Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk mengalami mukjizat kesembuhan dari Tuhan.

1. Meminta.

Raja Hizkia adalah seorang raja yang setia atas Israel sedang dalam kondisi kritis dan hampir mati. Dia meminta Tuhan untuk menyembuhkan dia. 

“Ah TUHAN, ingatlah kiranya, bahwa aku telah hidup di hadapan-Mu dengan setia dan dengan tulus hati dan bahwa aku telah melakukan apa yang baik di mata-Mu.” (2 Raja-raja 20: 3)

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Lewat doa ini, Tuhan memberikan kesempatan hidup bagi Hizkia selama 15 tahun lagi (2 Raja-raja 20: 5).

 

2. Gigihlah untuk meminta kesembuhan.

Yesus menceritakan sebuah kisah tentang seorang pria yang pergi mengetuk rumah tetangganya di tengah malam untuk meminta makanan. Namun tetangganya tidak memberikan.

“Aku berkata kepadamu: Sekalipun ia tidak mau bangun dan memberikannya kepadanya karena orang itu adalah sahabatnya, namun karena sikapnya yang tidak malu itu, ia akan bangun juga dan memberikan kepadanya apa yang diperlukannya.” (Lukas 11: 8)

Yesus juga menegaskan bahwa barangsiapa meminta kepadaNya maka Ia akan diberikan, barang siapa mencari maka ia akan mendapat dan barangsiapa yang mengetok maka pintu akan dibukakan baginya (Lukas 11: 9-10).

Seperti Hizkia, yang hidup di dalam kesetiaan, saat kita mau hidup benar maka perkenanan Tuhan akan menyertai kita.

 

Baca Juga: Melawan Kanker Langka, Marjorie dan John Hampir Menyerah. Tapi Tuhan Lakukan Ini

 

3. Renungkan firman Tuhan.

Baca dan renungkan firman Tuhan. Benamkan diri Anda dalam firman Tuhan. Iman akan datang dari pendengaran akan firman Tuhan (Roma 10: 17). Saat kita memiliki cukup iman untuk percaya pada kesembuhan dari Tuhan maka Tuhan akan digerakkan untuk menyatakan kuasaNya.

 

4. Berdoa.

“Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan. Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni.” (Yakobus 5: 14-15)

Mintalah dukungan doa dari orang-orang yang terpercaya, misalnya pendeta, hamba Tuhan,pendoa syafaat maupun teman-teman komsel. Tuhan bisa memakai iman orang lain juga untuk mendukung kita mengalami kesembuhan dari Tuhan (1 Korintus 12: 9).

 

5. Mengejar hadirat Tuhan. 

Luangkan waktu untuk menyembah dan memuji Tuhan. Di hadirat-Nya ada kepenuhan sukacita. 

“Demikianlah aku memandang kepada-Mu di tempat kudus, sambil melihat kekuatan-Mu dan kemuliaan-Mu.” (Mazmur 63: 2)

Apakah kesembuhan adalah kehendak Tuhan? Ya. Tuhan mau menyembuhkan orang-orang percaya yang beriman kepada-Nya. Namun Dia tak selalu memberikan kesembuhan kepada semua orang. Karena hanya Dia yang tahu apa yang terbaik atas hidup kita dan orang-orang yang kita kasihi (Roma 8: 28). Jalan-jalan Tuhan di atas jalan-jalan kita.

Sumber : Bible Study Tools
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami