Ditunda Selama Pandemi, Pesparani Katolik 2022 Akan Resmi Diadakan di Tanggal Ini Lho!

News / 28 July 2022

Kalangan Sendiri

Ditunda Selama Pandemi, Pesparani Katolik 2022 Akan Resmi Diadakan di Tanggal Ini Lho!

Lori Official Writer
475

Setelah tertunda selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, tahun ini ajang Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik (Pesparani) kembali digelar di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 28-31 Oktober 2022 mendatang.

Acara ini tentunya bukan hanya sekadar ajang kompetisi saja, tetapi juga bertujuan sebagai bentuk kecintaan Gereja Katolik terhadap Indonesia lewat kehadiran Indonesia Mini di NTT.

Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Nasional (LP3KN), Adrianus Meliana menyampaikan bahwa ajang Pesparani ini bisa sukses jika gereja-gereja Katolik di 34 provinsi Indonesia turut berpartisipasi dan hadir. 

“Kami terus dorong semua provinsi bisa hadir, agar mencerminkan atau menghadirkan Indonesia mini di NTT, dari sisi para kontingen dari 34 provinsi,” ungkap Adrianus.

 

Baca Juga: Sumatera Utara Borong Piala Pesparawi Nasional XIII, Pesparawi Nasional XIV Digelar di...

 

Dengan mengusung tema nasionalisme ini, Pesparani 2022 akan dipenuhi dengan nuansa merah dan putih. Bahkan paduan suara akan menampilkan liturgi untuk tanah air.

“Melalui acara ini, kita menampilkan warna kebangsaan yang sangat kuat. Maka, warna merah putih warna kebangsaan akan sangat kuat. Wujud Pesparani ini kita tuangkan dalam konteks kecintaan kepada tanah air. Artinya, ketika kita bernyanyi sesuatu yang bernuansa liturgi, tidak liturgi untuk liturgi, tetapi liturgi untuk tanah air. Kita bernyanyi untuk Tuhan dan tanah air,” ungkapnya.

Tim penyelenggara sendiri sudah menetapkan 13 mata lomba yang akan memeriahkan ajang ini. Menariknya, ajang ini juga akan digelar baik secara offline maupun online.

“Ada 13 mata lomba yang akan dilombakan. Lima diantaranya mata lomba paduan suara yang dilakukan dengan model recording. Sementara untuk paduan suara campuran, mazmur dan mata lomba lain dilakukan secara offline di Kupang,” ungkap Adrianus.

 

Baca Juga: Untuk Pertama Kalinya, Gereja Katolik Gelar Paduan Suara Pesparani Secara Virtual Loh!

 

Sementara untuk seluruh anggaran penyelenggaraan Pesparani ini akan bersumber dari APBN, APBD dan sumber dana lainnya. Hingga kini, total anggaran yang dibutuhkan mencapi Rp 12.5 miliar rupiah.

Tim penyelenggara juga menyampaikan jika pembukaan ajang Pesparani 2022 ini akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dan akan ditutup oleh Wakil Presiden Ma’aruf Amin di Stadion Oepoli, kota Kupang, NTT.

Buat paduan suara Gereja-gereja Katolik yang ada di berbagai wilayah Indonesia, ini kesempatan untuk menunjukkan bakat kalian.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami