Membiarkan Rasa Benci Berkuasa Atas Pernikahan Anda Hanya Akan Berujung Pada Hal Ini
Sumber: klikdokter

Relationship / 28 July 2022

Kalangan Sendiri

Membiarkan Rasa Benci Berkuasa Atas Pernikahan Anda Hanya Akan Berujung Pada Hal Ini

Lori Official Writer
2351

Salah satu musuh utama pernikahan yang harus segera diatasi adalah segera membereskan kebencian terhadap pasangan. Tuhan menyukai kehidupan yang rukun dan tentram. Tuhan rindu setiap rumah tangga hidup di dalam kasih. Karena itu penting menjadi rendah hati untuk mengampuni, sekecil dan sebesar apapun kesalahan pasangan.

“Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.” (Efesus 4: 32)

 

Apa yang Harus Suami Istri Lakukan Dalam Pernikahan?

Kasih Kristus harus menjadi landasan di dalam sebuah pernikahan. Selanjutnya, untuk memelihara kasih itu, suami istri perlu menerapkan 1 Korintus 13: 4-6 yaitu menjadi suami istri yang:

  • Sabar
  • murah hati
  • tidak cemburu
  • tidak memegahkan diri
  • tidak sombong
  • tidak melakukan yang tidak sopan
  • tidak mencari keuntungan diri sendiri
  • tidak pemarah
  • tidak menyimpan kesalahan orang lain
  • tidak bersukacita karena ketidakadilan 

Hal lain yang perlu diperhatikan di dalam pernikahan adalah tetap memelihara cinta yang sama seperti pertama kali menikah. Ada banyak suami yang berubah karena istri tak lagi peduli, terlalu dominan, tidak menghormati suami dan berlaku seenaknya. Hal ini bisa membuat suami merasa terabaikan secara emosional.

“Yang sering saya temukan dalam konseling pernikahan dan praktik terapi pasangan adalah bahwa pria lebih cenderung merasa diabaikan secara emosional oleh pasangannya daripada wanita. Mereka sering mendambakan tingkat minat, perhatian dan kasih sayang yang mereka lihat dari istri mereka terhadap anak-anak. Mereka menginginkan hubungan menyenangkan yang pernah mereka rasakan,” ungkap Dr. Lisa.

Untuk itu penting sekali menyeimbangkan kehidupan pernikahan. Sediakan waktu dan ruang untuk menghabiskan momen bersama pasangan. Biarkan cinta saat pertama kali menikah tetap tumbuh dengan melakukan hal-hal baru berdua.

Layani istri maupun suami dengan lemah lembut. Hal ini juga akan sangat membantu pernikahan tetap hangat.

Pernikahan Kristen harus berbeda dengan pernikahan yang lain. Kasih Tuhan harus menjadi fondasi dari setiap perilaku dan tindakan kita terhadap pasangan. Karena itu, jangan menjadi serupa dengan dunia ini tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu sehingga Anda tahu membedakan mana kehendak Tuhan, mana yang baik dan yang berkenan kepada-Nya atas rumah tangga Anda (Roma 12: 2).

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami