8 Hal Ini Sama Sekali Gak Bisa Dikompromikan Sama Orang Kristen (Part I)

Kata Alkitab / 26 July 2022

Kalangan Sendiri

8 Hal Ini Sama Sekali Gak Bisa Dikompromikan Sama Orang Kristen (Part I)

Claudia Jessica Official Writer
1070

Kita bisa berdiskusi dan berdebat tentang banyak hal, tetapi ada beberapa masalah yang tidak bisa dikompromikan oleh kita sebagai orang percaya.

Kristus adalah benteng kita dan landasan bagi keyakinan kita. Dia adalah penyelamat kita, penebus kita, kebenaran kita, dan juga sumber keyakinan kita. Kita tidak bisa membiarkan kepercayaan atau keterlibatan dunia membuat kita berkompromi firman Tuhan.

Pandangan duniawi yang berubah dari waktu ke waktu dapat mengubah nilai-nilai kehidupan, mempengaruhi pola pikir masyarakat, dan bertentangan dengan Firman Tuhan.

Salah satu akar dosa, datang dari keraguan kita dan kurangnya pengetahuan tentang Firman Tuhan sehingga kita mencoba berkompromi dengan masalah yang menyimpang dari kebenaran Firman Tuhan itu sendiri.

Iblis adalah bapa dari segala kebohongan. Seperti yang ditulis dalam 1 Korintus 14:33, “Sebab Allah tidak menghendaki kekacauan, tetapi damai sejahtera” dan Yohanes 8:44, “Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.”

Kebingungan adalah salah satu ciri dari kurangnya keyakinan. Kebingungan dan keraguan yang kita alami muncul dari kurangnya keyakinan. Oleh karena itu, kita harus mengetahui apa saja hal-hal yang tidak bisa dikompromikan oleh kebenaran Firman Tuhan dengan pandangan duniawi yang berubah-ubah setiap waktu. Beberapa diantaranya adalah:

 

1. Keselamatan hanya melalui iman dalam pengorbanan sempurna Yesus Kristus

Hal pertama yang tidak boleh kita kompromikan adalah keselamatan yang hanya bisa didapatkan lewat pengorbanan Yesus Kristus.

Efesus 2: 8-9 menulis, “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.”

Satu-satunya hal yang harus dilakukan oleh orang-orang berdosa adalah mencari keselamatan untuk membersihkannya dari dosa.

1 Korintus 6: 9-10 dengan jelas mengatakan, “Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit, pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.”

 

2. Kehadiran Kristus membuat perubahan dalam hidup orang percaya

Hadirnya Kristus dalam hidup orang percaya akan mendatangkan perubahan yang baik.

Yang mendatangkan perubahan dalam hidup kita bukanlah tingginya jabatan kita atau berapa banyak harta yang kita miliki. Bahkan status kita sebagai anggota gereja tidak akan bisa memberikan senjata rohani seperti tertulis dalam Efesus 6. Hanya Kristus yang dapat melakukannya.

Perubahan yang nyata akan terjadi pada orang percaya ketika Kristus hadir dalam hidupnya. Demikian pula dengan baptisan air bukanlah sarana untuk pengampunan dosa, melainkan transformasi untuk “lahir baru.”

 

BACA JUGA: Jangan Munafik! Ini yang Alkitab Tegaskan Soal Menjadi Orang Kristen Sejati

 

Dalam 2 Korintus 5:17 kita diyakinkan, “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.”

Kita tidak memiliki kekuatan untuk membuat perubahan ini dengan kekuatan kita sendiri. Keyakinan kita terhadap kuasa Yesus didasarkan pada ingatan kita tentang banyaknya usaha dan kegagalan kita.

 

3. Keselamatan bersifat kekal

Setiap orang akan memiliki tempat tinggal yang abadi. Orang percaya yang telah menaruh iman kepada Yesus Kristus akan memiliki hidup yang kekal sedangkan orang yang terhilang akan selamanya dalam siksaan. Kata-kata Yesus dalam Matius 25:46 meyakinkan kita, “Dan mereka ini akan masuk ke tempat siksaan yang kekal, tetapi orang benar ke dalam hidup yang kekal.”

Tidak ada ruang untuk berjalan di tengah-tengahnya. Paulus menulis dalam Roma 3: 22, “Kebenaran Allah karena iman dalam Yesus Kristus bagi semua orang yang percaya. Sebab tidak ada perbedaan.”

Kurangnya keyakinan akan mendatangkan kebingungan bagi orang percaya. Keselamatan sementara ataupun keselamatan sebagian adalah salah! Yohanes 18:9 memberi kita jaminan, “Dari mereka yang Engkau serahkan kepada-Ku, tidak seorang pun yang Kubiarkan binasa.”

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami