Gereja Suriah Diserang Saat Sedang Adakan Peresmian, Begini Kondisinya…

News / 25 July 2022

Kalangan Sendiri

Gereja Suriah Diserang Saat Sedang Adakan Peresmian, Begini Kondisinya…

Lori Official Writer
585

Sebuah serangan roket tiba-tiba terjadi di salah satu gereja Ortodoks Yunani di provinsi Hama, Suriah pada Minggu, 24 Juli 2022. Sedihnya, serangan ini terjadi saat jemaat tengah menggelar peresmiannya.

Serangan ini menyebabkan 2 orang tewas dan 12 jemaat luka-luka. Menurut laporan, serangan roket tersebut diduga kuat dilakukan oleh kelompok radikal ISIS.

“Sebuah roket yang ditembakkan oleh kelompok teroris menargetkan pertemuan keagamaan di kota Al-Suqaylabiyah dekat Hama, menewaskan dua orang dan melukai 12 orang,” demikian laporan dari kantor berita resmi SANA.

 

Baca Juga: Turki Bikin Bekas Gereja Hagia Sophia Jadi Masjid, Kenapa Negara Kristen Harus Marah?

 

Sebagaimana diketahui, Gereja Hagia Sophia di Al-Suqaylabiyah ini sendiri merupakan bentuk replikas dari Hagia Sophia di Istanbul yang mendapat dukungan dari Presiden Suriah Bashar al-Assad dan Presiden Rusia Vladimir Putin, sebagai respon dari kedua negara ini terkait kebijakan pemerintah Turki yang mengalihfungsikan Gereja Hagia Sophia menjadi masjid.

 

Serangan Beruntun

Serangan gereja ini terjadi dua hari setelah serangan serupa di wilayah Idlib dan menewaskan sebanyak tujuh warga sipil, termasuk anak-anak.

 

Baca Juga: Mengenal Sejarah Museum Chora, Bekas Gereja yang Bakal Diubah Pemerintah Turki Jadi Masjid

 

Hayat Tahrir al-Sham, bekas kantor Al-Qaeda di Suriah, memang tengah berkuasa di setengah provinsi Idlib, Aleppo, Hama dan Latakia. Bahkan beberapa kelompok teroris dari resim Damaskus masih beroperasi. 

Kemunculan kelompok ini, kemungkinan akan sangat merisaukan warga sipil dan pemerintah. Namun belum diketahui bagaimana langkah pemerintah Suriah untuk mengatasi krisis ini.

Sumber : Guardian.com
Halaman :
1

Ikuti Kami