9 Penyimpangan yang Sudah Diperingatkan Yesus Akan Terjadi di Dalam Gereja
Sumber: Spinditty

Kata Alkitab / 24 July 2022

Kalangan Sendiri

9 Penyimpangan yang Sudah Diperingatkan Yesus Akan Terjadi di Dalam Gereja

Lori Official Writer
8308

8. Roh penghasut

Pengampunan disebutkan sebanyak delapan belas kali di dalam Perjanjian Baru. Hal ini menunjukkan kepada kita bahwa melepaskan hutang pengampunan terhadap orang lain sangatlah penting. Kita diampuni oleh Tuhan karena apa yang sudah Dia lakukan atas hidup kita (Kolose 3: 13).

Namun Yesus kembali mengingatkan bahwa akan muncul orang-orang yang berusaha untuk menghasut orang-orang percaya. Sehingga hukum yang pertama dan yang terutama yaitu mengasihi Tuhan dan sesama tidak terjadi di dalam gereja. 

Tentu saja ini adalah siasat si iblis untuk memecah belah kesatuan gereja. Sehingga Yesus dengan tegas mengingatkan supaya orang-orang percaya hidup dalam kerendahan hati untuk saling mengasihi dan mengampuni apabila muncul konflik yang tak terduga.

“Jagalah dirimu! Jikalau saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia, dan jikalau ia menyesal, ampunilah dia. Bahkan jikalau ia berbuat dosa terhadap engkau tujuh kali sehari dan tujuh kali ia kembali kepadamu dan berkata: Aku menyesal, engkau harus mengampuni dia.” (Lukas 17: 3-4)

 

9. Suam-suam kuku

Ada banyak orang mengaku hidup di dalam Yesus, sementara kehidupannya kerap kali redup terang. Anak muda menyebutnya “Malam ke club pagi ke gereja.”

Tentu saja Yesus tidak menghendaki iman yang setengah-setengah. Dia mau kita hidup secara radikal di dalam Dia, yang artinya tidak ada jeda waktu untuk melakukan hal-hal duniawi lagi. 

Namun jangan heran jika di zaman ini gereja akan menghadapi orang-orang semacam ini. Dan satu-satunya jawaban untuk mengatasi ini adalah dengan terus membangun pemuridan yang radikal di dalam Kristus. Ada mentorship dan ada perjalanan pemuridan yang membuat setiap orang percaya bertumbuh dewasa di dalam iman.

“Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku. Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang…” (Wahyu 3: 16-17)

Yesus tentu saja tidak akan membiarkan kita menghadapi beragam beragam perilaku menyimpang ini. Lakukan 3 hal ini:

  • Tinggal di dalam Dia (Yohanes 15: 4)
  • Perbaharui pikiran Anda (Roma 12: 1-2)
  • Menjadikan firman Tuhan sebagai pedoman hidup yang sejati (2 Timotius 3: 16-17)

Kesadaran akan adanya musuh spiritual akan membuat kita selalu waspada terhadap serangan spiritual.

“Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.” (1 Petrus 5: 8)

Sumber : Crosswalk.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami