15+ Ayat Alkitab yang Bicara Tentang Mengelola Emosi

Kata Alkitab / 22 July 2022

Kalangan Sendiri

15+ Ayat Alkitab yang Bicara Tentang Mengelola Emosi

Lori Official Writer
1577

Kita percaya bahwa firman Tuhan punya kuasa. Tetapi bukan berarti kita menyamakan firman Tuhan seperti jimat ajaib yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan apapun yang kita inginkan.

Namun kita bisa mengandalkan firman Tuhan untuk mengelola emosi apapun yang kita rasakan, khususnya emosi negatif.

Dengan meluangkan waktu untuk membaca, merenungkan dan menerapkan ayat-ayat Alkitab untuk mengizinkan Roh Kudus untuk mengubah hati dan pikiran kita. Dengan percaya, kuasa Tuhan pasti terjadi.

“Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.” (Roma 12: 2) 

Jika saat ini Anda sedang menghadapi masalah emosi yang tak terkontrol, cobalah untuk merenungkan 10 ayat Alkitab tentang mengelola emosi.

Amsal 16: 32

Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.

 

Efesus 4: 26-27

Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.

 

Amsal 25: 28

Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya.

 

1 Yohanes 2: 16

Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.

 

Yosua 1: 9

Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi.

 

Lukas 6: 45

Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan barang yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat. Karena yang diucapkan mulutnya, meluap dari hatinya.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Yakobus 1: 19-20

Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah; sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah.

 

Kolose 3: 15

Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.

 

Amsal 4: 23

Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

 

Amsal 14: 29

Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohan.

 

Amsal 15: 1

Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah.

 

Kolose 3: 8

Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu.

 

Pengkhotbah 7: 19

Hikmat memberi kepada yang memilikinya lebih banyak kekuatan dari pada sepuluh penguasa dalam kota.

 

1 Petrus 1: 13

Sebab itu siapkanlah akal budimu, waspadalah dan letakkanlah pengharapanmu seluruhnya atas kasih karunia yang dianugerahkan kepadamu pada waktu penyataan Yesus Kristus.

 

Efesus 4: 31-32

Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

 

Roma 12: 2

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Emosi menjadi salah satu pembentuk karakter supaya kita bisa serupa dengan Kristus. Karena itulah saat emosi negatif atau buruk, yang sebenarnya bukan berasal dari Tuhan, muncul cobalah untuk merenungkan firman Tuhan.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami