7 Langkah Pastikan Anak Aman Dari Pelaku Kejahatan Selama Ikuti Sekolah Minggu

Relationship / 21 July 2022

Kalangan Sendiri

7 Langkah Pastikan Anak Aman Dari Pelaku Kejahatan Selama Ikuti Sekolah Minggu

Lori Official Writer
1076

Pelecehan anak dan juga insiden lain yang tak terduga bisa saja menimpa anak bahkan saat berada di lingkungan gereja. Apalagi hal ini sudah tampak nyata terjadi di beberapa gereja seperti kasus yang diberitakan.

Tentu saja ini kedengaran menyeramkan. Karena itulah muncul tanggung jawab baru bagi gereja untuk melindungi dan menjamin keamanan anak selama mengikuti kegiatan sekolah minggu.

Berikut 7 langkah yang bisa gereja dan orang tua lakukan untuk memastikan anak tetap aman dan terlindungi dari tindakan pelecehan seksual maupun insiden lain yang tak terduga.

1. Periksa background pelayan anak 

Selama ini kita percaya bahwa para pelayan atau sukarelawan yang melayani di gereja adalah orang-orang yang membaktikan dirinya secara tulus untuk Tuhan. Jadi tidak mungkin orang yang mengasihi Tuhan berlaku amoral. 

Namun kasus kejahatan yang terjadi belakangan mengubah paradigma kita. Bahwa gereja sekalipun bisa jadi tempat yang paling tidak aman bagi anak. Karena itu gereja dianggap penting untuk menyeleksi kembali para pelayan atau sukarelawannya, khususnya guru dan pendamping sekolah minggu. Yaitu memastikan mereka benar-benar berasal dari background yang baik.

 

Baca Juga: Ini 4 Tahap Emosi yang Umum Dialami Korban Pelecehan Seksual

 

2. Awasi anak saat ke kamar mandi

Selama ini gereja mungkin abai dengan hal ini. Tetapi perlu diketahui bahwa saat anak pergi ke kamar mandi seorang diri, kemungkinan masuknya predator seksual atau pelaku kejahatan sangat besar. Jadi, penting sekali bagi orang tua untuk mengawasi anak ketika sedang pergi ke kamar mandi.

 

3. Anak diantar dan dijemput orang tua

Pastikan orang yang mengantar dan menjemput anak dari sekolah minggu adalah orang yang sama, entah itu ayah maupun ibu. Jangan pernah mempercayakan orang lain untuk mengantar atau menjemput anak karena hal ini bisa jadi peluang bagi predator atau pelaku kejahatan untuk menargetkan anak Anda.

 

Baca Juga: Mengatasnamakan Tuhan Untuk Eksploitasi Orang Lemah, Bagaimana Alkitab Memandangnya?

 

4. Awasi area ibadah sekolah minggu

Ini adalah salah satu alasan bagi sebagian gereja mengizinkan salah satu orang tua perlu ikut mendampingi anak selama ibadah sekolah minggu. 

Jika pun tidak memungkinkan, penting bagi gereja untuk melakukan pengawasan ketat di sekitar area ruang ibadah sekolah minggu. Hal ini bisa dilakukan dengan menetapkan aturan ketat bagi orang yang ingin masuk dan keluar area ruang ibadah atau memasang kamera pengintai agar pelaku kejahatan tidak berani untuk mendekati area tersebut.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami