Cegah Pelecehan Anak! Ini Pentingnya Ajarkan Buah Hati Anda Tentang Organ Intim

Relationship / 7 July 2022

Kalangan Sendiri

Cegah Pelecehan Anak! Ini Pentingnya Ajarkan Buah Hati Anda Tentang Organ Intim

Claudia Jessica Official Writer
1185

3. Biasakan untuk meminta izin kepada anak untuk menyentuh area privat anak dan hargai kata “tidak” atau “stop” agar anak tahu kata-kata ini memiliki kekuatan

Seperti yang telah disinggung dalam poin nomor 1, biasakan untuk meminta izin kepada anak untuk menyentuh area privatnya. Misalnya seperti, “Mama izin ya pegang penis/vagina adik untuk bantu bersihkan. Kamu boleh bilang kalau merasa gak nyaman.”

Jika anak merasa tidak nyaman, segera hentikan aktivitas Anda terlebih dahulu. Hal ini ditujukan agar anak mengetahui bahwa kata-kata “tidak” atau “stop” memiliki kekuatan. Sehingga jika ada orang yang melakukan pelecehan seksual terhadap mereka, mereka akan berani untuk mengatakan “tidak” atau “stop”.

Setelahnya Anda bisa bertanya apa alasannya meminta berhenti membantunya.

 

4. Ajarkan siapa saja yang boleh menyentuh area privat mereka

Bagian tubuh privat perlu dijaga dan tidak boleh disentuh oleh sembarang orang. Kita tahu ada begitu banyak kasus pelecehan anak, bahkan ada yang terjadi di lingkungan keluarga. Hal ini tentu membuat orangtua khawatir. Maka dari itu, orang tua harus ekstra hati-hati dan waspada pada orang-orang di sekitar. Hanya orang-orang terpercaya saja yang boleh membantu menjaga bagian tubuh privat anak.

Alat kelamin adalah bagian tubuh yang wajar disentuh, disebut, dan dijaga. Gunakanlah bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak Anda agar mereka bertanggungjawab untuk merawat dan menjaganya dengan baik.

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami