Part 2 - Branding

Renungan Harian 1 / 7 July 2022

Kalangan Sendiri

Part 2 - Branding

Contasia Christie Official Writer
612

Ayat Alkitab : Galatia 5:16-26

 

Renungan

Belakangan ini kita sering mendengar tentang Flexing dan Branding. Itu adalah kata-kata yang dipakai saat ini terkait dengan individu yang ingin dikenal lewat mempertunjukkan semua kemewahan yang dia miliki. Seberapa “kaya” mereka terlihat dan sebagainya. Inilah yang disebut “Flexing yang Membangun Branding Pribadi”.

Nah, bagi kita yang tumbuh sebagai generasi baby boomer, branding lebih kepada produk atau layanan daripada orang, secara umum. Walaupun saya juga menyadari ada beberapa branding pribadi seperti Colonel Sanders dari KFC, Colgate untuk William Colgate sebagai pendirinya, Procter & Gamble sebagai nama dari pendiri. Sekali lagi ini bukan tentang branding pribadi melainkan tentang bisnis.

Dengan pertumbuhan era digital, branding pribadi artinya sebuah proses membangun citra dan atribut yang berbeda untuk seseorang. Saya mengingat satu dekade terakhir dimana bisnis-bisnis baru berkembang seperti penata busana pribadi, pelatih pribadi, penasihat pribadi. Semuanya tentang membantu seseorang untuk membangun citra, atribut dan kepribadian tertentu, seperti yang diinginkan oleh orang yang mempekerjaan mereka.

Sekarang muncul pertanyaan kepada kita, orang percaya: “Haruskah kita semua membangun branding pribadi kita?”

Anda mungkin setuju, secara pribadi saya berkata YESUS adalah pelatih pribadi kita, penasihat pembangunan karakter, penasihat bisnis, bahkan penata pribadi juga! (Yesaya 9: 6. Yohanes 16: 13).

Merek yang harusnya kita bangun adalah “PERWAKILAN KERAJAAN”.

Atribut yang harus kita bangun adalah: Pengasih (Peduli), Baik (Penolong), Sukacita (Bersyukur), Sabar (Perhatian), Kebaikan (Benar), Setia (Bertanggung Jawab), Lemah Lembut (Hormat) dan Pengendalian Diri (Bijaksana, Tegas & Disiplin), dan ini adalah buah roh (Galatia 5: 22).

Itu yang saya yakini sebagai dasar dan cara yang tepat untuk membangun branding pribadi. YESUS adalah penasihat pribadi seumur hidup kita, pelatih pribadi, penasihat bisnis, penasihat keluarga, pelatih pembentukan karakter dan penata gaya pribadi kita juga.

YESUS adalah Jalan, Kebenaran dan Hidup.

Sumber : ditulis oleh Yungky Setiawan
Halaman :
1

Ikuti Kami