Kapan sih Waktu yang Ideal Menyiapkan Dana Pendidikan untuk Anak?

Finance / 28 June 2022

Kalangan Sendiri

Kapan sih Waktu yang Ideal Menyiapkan Dana Pendidikan untuk Anak?

Claudia Jessica Official Writer
377

Setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya, termasuk dalam hal pendidikan. Seperti yang kita tahu, pendidikan adalah bekal untuk pertumbuhan dan masa depan anak. Banyak orangtua berlomba-lomba memasukkan anaknya ke sekolah yang bagus demi mendapatkan pendidikan terbaik untuk pertumbuhan anak-anaknya. Bahkan tak sedikit orangtua yang berdarah-darah demi bisa menyekolahkan di tempat yang bagus.

Dana pendidikan seakan jadi pengeluaran yang tidak bisa ditawar karena anak berada dalam “masa keemasan” untuk belajar banyak hal. Jika terlambat, rasanya seperti tidak ada kesempatan kedua.

Nah karena sekarang kita sudah tahu betapa pentingnya pendidikan untuk anak sejak dini, simak beberapa hal yang perlu diperhatikan yuk:

 

1. Survei institusi pendidikan dan tentukan pilihan

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk menyiapkan dana pendidikan anak adalah dengan melakukan survei ke berbagai institusi pendidikan untuk mendapatkan gambaran yang jelas terhadap kualitas pendidikan serta biaya yang dibutuhkan. Beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih sekolah yaitu, kelengkapan fasilitas sekolah, kurikulum pendidikan, dan tenaga pengajar.

Jika sudah mendapatkan informasi lengkap, Anda bisa menentukan sekolah mana yang menjadi pilihan Anda dan buat perencanaan anggarannya.

 

2. Buat perencanaan anggaran sekolah

Setelah memutuskan sekolah yang dituju, sekarang Anda bisa menghitung berapa banyak biaya yang diperlukan mulai dari biaya pendidikan bulanan, kebutuhan anak di sekolah, dan kebutuhan lainnya.

Jangan lupa pembayaran tiap jenjang pendidikan mulai dari TK (Taman Kanak-kanak), SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama), SMA (Sekolah Menengah Atas) dan perguruan tinggi pasti berbeda. Misalnya jenjang TK sampai SMA bisa dibayar bulanan, sedangkan biaya pendidikan kuliah biasanya harus dibayar per semester atau enam bulan sekaligus.

Penting untuk diperhatikan, biaya pendidikan cenderung naik setiap tahunnya akibat inflasi. Oleh karena itu, pastikan Anda menghitungnya dengan menggunakan nilai biaya saat ini ditambah dengan nilai biaya masa depan atau future value, dan inflasi. Kemudian buatlah target menabung setiap bulannya dan hitung besaran biaya yang dibutuhkan serta periode untuk menjangkaunya.

 

3. Pilih instrumen yang sesuai dalam mempersiapkan dana pendidikan anak

Ada banyak pilihan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak, misalnya dengan tabungan, asuransi, dan investasi.

Anda bisa menyiapkan tabungan pendidikan anak secara pribadi atau menggunakan jasa institusi finansial tertentu. Biasanya menabung mandiri lebih efektif untuk dilakukan dalam waktu jangka pendek, misalnya sekitar 2-5 tahun. Sistem menabung mandiri seperti ini memiliki kelemahan, misalnya sewaktu-waktu Anda memiliki keperluan, bisa saja Anda menggunakan dana yang telah Anda alokasikan untuk pendidikan anak Anda.

Sedangkan asuransi pendidikan umumnya memiliki unsur tabungan atau investasi yang dilakukan dalam jangka waktu panjang sehingga memberikan tingkat pengembalian lebih tinggi dan membantu Anda mengantisipasi kenaikan biaya pendidikan. Pada dasarnya, asuransi pendidikan adalah sarana untuk mempersiapkan dana pendidikan anak, sekaligus keuangan pribadi yang sehat.

Investasi bisa menjadi cara yang efektif untuk menyiapkan dana pendidikan anak. Pasalnya, uang yang dialokasikan untuk investasi dapat berkembang dan tidak tergerus oleh inflasi. Anda bisa menyesuaikan investasi jangka waktu pendidikan dengan profil risiko.

Dengan persiapan yang matang, Anda pasti bisa mempersiapkan dana pendidikan anak dengan baik dan matang. Ketika tiba waktunya bagi anak Anda untuk masuk sekolah tingkat pendidikan tertentu, Anda sudah siap untuk mendukungnya secara materi. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan melibatkan Tuhan dalam setiap rencanamu ya! Tuhan memberkati.

Sumber : manulife
Halaman :
1

Ikuti Kami