Apa Arti Dari Angka 40 di Dalam Alkitab?

Kata Alkitab / 24 June 2022

Kalangan Sendiri

Apa Arti Dari Angka 40 di Dalam Alkitab?

Lori Official Writer
755

Angka 40 sering muncul di dalam Alkitab. Hal inilah yang membuat banyak orang Kristen bertanya-tanya, apa makna penting dibalik angka 40? 

Angka 40 pertama yang ditulis di dalam Alkitab adalah peristiwa banjir Nuh yang terjadi selama 40 hari. Kedua, Yesus menghabiskan waktu 40 hari di bumi diantara kebangkitan dan kenaikan-Nya. 

Mari membahas angka ini secara lebih mendalam.

 

Berapa kali angka 40 disebutkan di dalam Alkitab?

Ungkapan 40 hari disebutkan di dalam Alkitab lebih dari 20 kali baik di Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. 

Perjanjian Lama

1. Kejadian 7: 4

Di Perjanjian Lama, angka ini pertama kali ditulis di Kejadian 7: 4, yang menggambarkan bahwa Tuhan membuat rencanaNya untuk mengatasi dosa yang merajalela di dunia. “Sebab tujuh hari lagi Aku akan menurunkan hujan ke atas bumi empat puluh hari empat puluh malam lamanya, dan Aku akan menghapuskan dari muka bumi segala yang ada, yang Kujadikan itu.”

 

2. Kejadian 7: 12

Lalu di Kejadian 7: 12 disampaikan, “Dan turunlah hujan lebat meliputi bumi empat puluh hari empat puluh malam lamanya.”

Saat Alkitab menggambarkan belas kasihan Tuhan kepada orang-orang yang setia melalui kisah Bahtera Nuh, waktu 40 hari muncul lagi dalam Kejadian 7: 17 dan Kejadian 8: 6.

 

3. Keluaran 24: 18

Musa bertemu dengan Tuhan di Gunung Sinai selama 40 hari 40 malam. Keluaran 24: 18 mencatat, “Masuklah Musa ke tengah-tengah awan itu dengan mendaki gunung itu. Lalu tinggallah ia di atas gunung itu empat puluh hari dan empat puluh malam lamanya.”

 

4. Keluaran 34: 28

Lalu di Keluaran 34: 28 dicatat bahwa, “Dan Musa ada di sana bersama-sama dengan TUHAN empat puluh hari empat puluh malam lamanya, tidak makan roti dan tidak minum air, dan ia menuliskan pada loh itu segala perkataan perjanjian, yakni Kesepuluh Firman.” Musa ada di sana bersama Tuhan selama 40 hari 40 malam tanpa makan dan minum. Dia menulis di loh batu 10 perintah Allah.

 

Baca Juga: Misteri Dibalik Angka 40 yang Sering Disebut dalam Alkitab

 

5. 1 Raja-raja 19: 8

Lalu di 1 Raja-raja 19: 8, kita membaca bagaimana nabi Elia berpuasa selama 40 hari dalam perjalanannya, setelah malaikat Tuhan menyuruhnya makan dan minum untuk memberinya kekuatan melakukan perjalanan rohaninya. “Maka bangunlah ia, lalu makan dan minum, dan oleh kekuatan makanan itu ia berjalan empat puluh hari empat puluh malam lamanya sampai ke gunung Allah, yakni gunung Horeb.”

 

6. 1 Samuel 17

Selanjutnya, raksasa Goliat mengancam bangsa Israel selama 40 hari sebelum Tuhan mengirim Daud untuk mengalahkannya 91 Samuel 17). Melalui ujian selama 40 hari, Tuhan menguji iman orang Israel dan memberi mereka kesempatan untuk memperkuat iman mereka. Setelah kemenangan, Tuhan membuka babak baru bagi bangsa Israel, memperkuat kerajaan mereka.

 

7. Yehezkiel 4: 5-6

Tuhan juga memerintah nabi Yehezkiel untuk berbaring di sisi kanan-Nya selama 40 hari (dan di sisi kiriNya selama 390 hari) untuk secara simbolis menanggung dosa Yudea dan Israel, yang sudah memberontak melawan Tuhan selama 40 tahun dan 390 tahun.

 

8. Yunus 3: 4

Di Yunus 3: 4, Yunus menyampaikan sebuah nubuatan yang memperingatkan bahwa kota Niniwe akan digulingkan. “Mulailah Yunus masuk ke dalam kota itu sehari perjalanan jauhnya, lalu berseru: “Empat puluh hari lagi, maka Niniwe akan ditunggangbalikkan.””

Orang-orang dari Niniwe menanggapi peringatan tersebut dengan serius dan menggunakan 40 hari untuk bertobat dari dosa-dosa mereka. Tuhan pun menyelamatkan mereka atas tindakan itu.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Crosswalk.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami