Apa Arti Dari Angka 40 di Dalam Alkitab?

Kata Alkitab / 24 June 2022

Kalangan Sendiri

Apa Arti Dari Angka 40 di Dalam Alkitab?

Lori Official Writer
754

Perjanjian Baru

1. Markus 1: 13

Yesus menghabiskan 40 hari di padang gurun sebelum Dia memulai pelayananNya. Selama 40 hari itu, Yesus dicobai oleh si iblis untuk berbuat dosa dengan cara yang umum bagi semua umat manusia di dunia. 

Markus 1: 13 menyebut bahwa “Di padang gurun itu Ia tinggal empat puluh hari lamanya, dicobai oleh Iblis. Ia berada di sana di antara binatang-binatang liar dan malaikat-malaikat melayani Dia.”

Selama 40 hari itu, Yesus dicobai oleh si iblis tetapi Yesus berhasil melalui cobaan tersebut. Lewat 40 hari puasa (Matius 4: 2, Lukas 4: 2), Yesus fokus pada tujuan rohaniNya dan mempersiapkan diri untuk pelayanan-Nya.

 

Baca Juga: [VIDEO] #FaktaAlkitab: 5 Peristiwa Terbesar di Alkitab yang Menggunakan Angka 40

 

2. Kisah Para Rasul 1: 3

Setelah kebangkitan-Nya, Yesus menghabiskan 40 hari mengunjungi beberapa orang. Dia menampakkan diri kepada murid-murid-Nya dan orang yang percaya sebelum kenaikan-Nya ke surga.

 

Apa Arti Angka 40 di Dalam Alkitab?

Ungkapan 40 hari dalam Alkitab menunjukkan periode waktu untuk menyelesaikan tantangan rohani. Saat Alkitab memakai kata ini, sesuatu ujian atau tatangan yang mengarah kepada pertumbuhan rohani selalu terjadi dalam konteks 40 hari. 

Seringkali, ujian iman ini melibatkan pertobatan dari dosa dan penguatan iman. Seperti kisah banjir Nuh dan kisah Yehezkiel, Yunus, Daud dan Goliat. Di alin waktu, cobaan rohani mencakup cara untuk mengatasi cobaan seperti yang dilakukan oleh Yesus di padang gurun.

Cobaan selama 40 hari mungkin juga melibatkan perjumpaan penting dengan Tuhan, seperti yang dialami oleh Musa dengan Allah di Gunung Sinai dan perjalanan Elia bertemu dengan Tuhan di Gunung Horeb. 

Di Perjanjian Baru, Yesus menemui orang-orang setelah kebangkitan dan kematian-Nya selama 40 hari. Hal ini menandakan bahwa itu adalah masa-masa dimana kabar injil disampaikan dan momen memperkuat iman orang-orang percaya.

Makna 40 hari di dalam Alkitab bisa menjadi sesuatu yang khusus bagi Tuhan. Karena melalui setiap pekerjaan-Nya, Dia mengizinkan kita melalui cobaan iman selama periode tertentu untuk tujuan bisa mengalami pertumbuhan rohani. 

Jangka waktu 40 hari bisa jadi waktu yang paling ideal untuk memperkuat iman kita di dalam Tuhan. Melalui masa ini juga Tuhan sedang menyampaikan pesan bahwa bertumbuh secara rohani adalah sebuah proses yang membutuhkan waktu tertentu.

Sumber : Crosswalk.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami