Jadi Simbol Kerukunan, Pesparawi 2022 Libatkan Berbagai Pemeluk Agama

News / 23 June 2022

Jadi Simbol Kerukunan, Pesparawi 2022 Libatkan Berbagai Pemeluk Agama

Lori Official Writer
338

Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional XIII kembali digelar secara meriah di Candi Prambanan pada Senin, 20 Juni 2022. 

Acara yang digelar setiap tiga tahun sekali ini diikuti oleh sebanyak 8144 orang dari 34 provinsi se-Indonesia dan dari berbagai pemeluk agama yang ada di Indonesia. Hal inilah yang menjadikan Pesparawi dianggap sebagai implementasi moderasi beragama karena sekat-sekat dan dinding pemisah dikesampingkan dan diganti dengan tali persaudaraan antarumat beragama. 

Pembina Masyarakat (Pembimas) Kristen Sri Gunarti Sabdaningrum menyampaikan bahwa Pesparawi terdiri dari 12 cabang lomba diantaranya paduan suara dewasa campuran, paduan suara pria, paduan suara wanita, paduan suara remaja pemuda, paduan suara anak, musik gereja nusantara, musik pop gereja, vocal grup, solo remaja putra, solo remaja putri, solo anak usia 10-13 tahun dan solo anak 7-9 tahun.

Bukan hanya untuk mempererat hubungan antarumat beragama, perhelatan Pesparawi ini juga menghadirkan beragam pameran diantaranya pameran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang bertempat di Jogja Expo Center (JEC). Kegiatan ini diharapkan bisa mendongkrak sector pariwisata dan ekonomi Yogyakarta. 

Kemeriahan acara tingkat nasional inipun dihadiri oleh Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi. Melalui kata sambutannya, Wamenag Zainut menyampaikan bahwa acara ini memberi sumbangsih besar bagi pengembangan kerukunan antarumat beragama di Indonesia.

“Dalam konteks masyarakat majemuk, Pesparawi yang diselenggarakan secara bergantian memberikan sumbangsih besar dalam menunjukkan rasa cinta, nasionalisme dan mengembangkan kerukunan hidup antarumat beragama di Indonesia,” ungkap Wamenag Zainut.

Sebagai informasi perhelatan Pesparawi 2022 ini akan digelar hingga Minggu, 26 Juni 2022 nanti. Jadi terus dukung perwakilan dari provinsi Anda ya supaya jadi juara dan membanggakan provinsi Anda.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami