Bagaimana Seharusnya Gereja yang Sehat Menghadapi Masa-masa Sulit?
Sumber: Fellowship Baptist Akura

Kata Alkitab / 22 June 2022

Kalangan Sendiri

Bagaimana Seharusnya Gereja yang Sehat Menghadapi Masa-masa Sulit?

Lori Official Writer
5438

2. Gereja yang sehat mengenali, percaya dan menyerahkan dirinya kepada Tuhan di tengah pencobaan.

Gereja yang sehat juga ditandai dengan bagaimana semua anggotanya mau menderita bersama ketika terjadi masa-masa sulit dan cobaan yang menguji kesabaran, kedamaian dan kesatuan. Meskipun ada begitu banyak luka emosional, gereja bisa melaluinya karena setiap anggota gereja menaruh keyakinan bahwa Tuhan bisa memakai cobaan untuk mendewasakan gereja dan juga setiap jemaatnya. 

Masa-masa sulit ini bisa berupa konflik antar anggota gereja seperti yang terjadi di gereja Filipi (Filipi 4: 2), bisa juga karena hasutan dari pengajar-pengajar palsu seperti yang terjadi di Efesus (1 Timotius 1: 3) atau masa-masa pendisiplinan seperti yang terjadi di Korintus (1 Korintus 5).

 

Baca Juga: Ketika Gereja Menyakitimu, Pulihkanlah Dirimu Dengan Cara Ini

 

3. Gereja yang sehat menghidupi iman di dalam Tuhan. 

Bahwa setiap anggota gereja memiliki respon dan pandangan yang tepat atas setiap kondisi yang terjadi. Doa dan firman Tuhan menjadi hal yang utama yang selalu diandalkan di dalam setiap situasi.

Alkitab sering menggambarkan gereja dengan sebuah keluarga. Di Timotius 5: 1-2, Paulus memerintahkan Timotius untuk memperlakukan pria yang lebih tua di gereja sama seperti seorang ayah, pria yang lebih muda sebagai saudara, wanita yang lebih tua sebagai ibu, dan wanita yang lebih muda sebagai saudara perempuan. Apakah keluarga yang sehat akan bercerai ketika menghadapi masalah? Tidak! Mereka harus lebih dekat dan lebih intim. 

Ada beberapa gereja yang mungkin menghadapi masa-masa sulit yang cukup panjang. Tetapi sebagai tubuh Kristus, Alkitab berpesan supaya kita tetap bertekun di dalam doa dengan setia. Kita harus menyerahkan semua beban kita ke dalam tangan-Nya. Saat kita melakukan bagian kita, maka Dia yang setia akan mengangkat semua beban tersebut.

Mari periksa kembali apakah gereja Anda sudah menghidupi beberapa hal di atas dengan setia? Berdoalah supaya setiap gereja Tuhan dipakai dan dibentuk sesuai dengan kehendak Tuhan saja.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami